Breaking News:

Lebaran 2020

Merayakan Idul Fitri Dalam Cara Normal Baru di Malaysia

Sedikit ada pelonggaran aturan MCO, masyarakat diperbolehkan untuk menerima tamu di rumah.

Freepik
Kumpulan Ucapan Selamat Idul Fitri Bahasa Indonesia, Arab, dan Inggris Disertai Ayat-ayat Al Quran 

TRIBUNNEWS.COM, KUALA LUMPUR -- Setiap tahunnya, ada tradisi pada umat Islam di Malaysia untuk saling mengunjungi, Open House satu sama lain dalam perayaan hari Raya Idul Fitri, yang menandai akhir bulan Ramadhan.

Namun, berbeda tahun ini, Idul Fitri kali ini di bawah prosedur operasional standar (SOP) pemberlakuan Perintah Kendali Pergerakan (MCO) atau lockdown di negeri jiran.

Termasuk harus melupakan tradisi pulang Kampung karena larangan MCO.

Sedikit ada pelonggaran aturan MCO, masyarakat diperbolehkan untuk menerima tamu di rumah.

Namun dibatasi hanya diperbolehkan pada hari pertama Lebaran Idul FItri.

Baca: Rayakan Idulfitri, Kelompok Taliban dan Pasukan Afganistan Gencatan Senjata Selama 3 Hari

Bahkan itu pun terbatas hanya 20 orang dari kerabat terdekat pada satu waktu dan tidak boleh menginap sampai hari berikutnya.

Menteri Luar Negeri Hishammuddin Tun Hussein mendesak umat Islam untuk merayakan Idul Fitri dalam cara normal baru dengan hati yang terbuka.

"Meskipun 1 Syawal tahun ini sangat berbeda dari tahun sebelumnya, setelah penyebaran Covid-19, setidaknya kita masih bisa menikmati dan memiliki kesempatan untuk merayakan di lingkungan yang aman dan damai."

"Saya mengerti, banyak yang sedih tidak dapat kembali ke kampung halamannya untuk merayakan Idul Fitri bersama orang tua, tapi saya harap kita bisa latihan kesabaran dalam menerima direktif ini dengan hati yang terbuka."

"Tetapi pada saat yang sama, ini tidak berarti bahwa kita tidak dapat membina ikatan yang lebih dekat dengan keluarga, kerabat, dan teman kita. Kita juga dapat merayakannya secara normal baru dengan melakukan doa dengan anggota keluarga di rumah dan membuat panggilan video dengan keluarga dan teman yang jauh, "katanya dalam video yang upload di halaman Instagram, Minggu (24/5/2020).

Baca: ‎Ketika Keluarga Tahanan KPK Memohon Anggur dan Puding untuk Berlebaran Bisa Lolos Masuk Rutan

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved