Breaking News:

Virus Corona

Kupon Belanja dan Makanan, Cara Jepang Memulihkan Pariwisata di Tengah Pandemi Covid-19

Salah satu upaya menumbuhkan perekonomian dan kegiatan masyarakat setempat dengan penerbitan kupon diskon belanja makanan maupun penginapan.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Kupon untuk belanja di Perfektur Mie Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Di Kota Noboribetsu, salah satu tujuan wisata terkemuka di Hokkaido, upaya memulihkan perekonomian dilakukan dengan penerbitan kupon diskon. Demikian pula di banyak kota lainnya di Jepang seperti juga di Perfektur Mie Jepang.

"Kami ingin memulihkan warga setempat setelah terpuruk akibat pandemi corona dan banyaknya pembatalan kunjungan wisata ke Noboribetsu," papar Kaoru Ohno, Direktur Eksekutif, Asosiasi Pariwisata dan Konvensi Internasional Noboribetsu, Senin (22/6/2020).

Onsen Noboribetsu, yang terkenal dikunjungi oleh sekitar 260.000 orang selama tiga bulan dari April hingga Juni tahun 2019, kini jumlah pengunjungnya bisa dihitung dengan jari.

Salah satu upaya menumbuhkan perekonomian dan kegiatan masyarakat setempat dengan penerbitan kupon diskon belanja makanan maupun penginapan untuk dunia pariwisata setempat.

Baca: Jepang Bayar 19,6 Miliar Yen ke AS untuk Aegis Ashore yang Ditangguhkan

Baca: Jelang Pemilihan Gubernur Tokyo Jepang, Kehidupan Pribadi Yuriko Koike Mulai Diusik

Asosiasi Pariwisata dan Konvensi Internasional Noboribetsu memulai "Kampanye Yu-tari" lokal terbatas untuk memecahkan situasi tersebut.

Kuponnya 5.000 yen untuk tiket akomodasi yang dapat digunakan di berbagai tempat penginapan dan mata air panas Noboribetsu dan mata air panas Karurus di pinggiran kota, serta 3.000 yen untuk restoran.

Didistribusikan secara gratis kepada 5.000 orang pertama yang merupakan siswa sekolah menengah atau kalangan dewasa.

"Saya pikir saya bisa pergi kapan saja, saya tidak punya kesempatan untuk datang ke tempat penginapan tersebut. Kini akan saya coba menginap di sana," kata seorang warga Noboribetsu, Ueyama kepada Tribunnews.com, Selasa (23/6/2020).

Kupon dari Noboribetsu Hokkaido untuk penginapan dan belanja makanan.
Kupon dari Noboribetsu Hokkaido untuk penginapan dan belanja makanan. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Kampanye telah diterima dengan baik, dan jumlah aplikasi telah melebihi 4.300.

Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved