Breaking News:

Rusuh di Amerika Serikat

Keluarga George Floyd Ajukan Gugatan Terhadap Kota Minneapolis serta 4 Petugas Polisi

Keluarga mendiang George Floyd dikabarkan mengajukan gugatan terhadap kota Minneapolis dan empat petugas polisi yang didakwa atas kematian Floyd.

Ayhan Mehmet - Anadolu Agency
Keluarga mendiang George Floyd dikabarkan mengajukan gugatan terhadap kota Minneapolis dan empat petugas polisi yang didakwa atas kematian Floyd. 

TRIBUNNEWS.COM - Keluarga mendiang George Floyd dikabarkan mengajukan gugatan terhadap Kota Minneapolis dan empat petugas polisi yang didakwa atas kematian Floyd.

Pihak keluarga menuduh para petugas kepolisian tersebut melanggar hak-hak Floyd ketika merenggut nyawanya.

Minneapolis dinilai keluarga Floyd mengizinkan budaya rasisme dan kekebalan hukum berkembang di kepolisian.

Baca: Terungkap Dialog George Floyd dengan Polisi yang Menindih, Ternyata Begini Kronologinya

Baca: Mantan Polisi Pembunuh Floyd Diusir Saat Berbelanja di Supermarket

Dikutip Tribunnews dari Al Jazeera, gugatan yang dilayangkan pihak keluarga Floyd berisi permohonan ganti rugi atas kerusakan yang jumlahnya akan ditentukan oleh juri.

Keluarga George Floyd Ajukan Gugatan Terhadap Kota Minneapolis serta Empat Petugas Polisi yang Terlibat Pembunuhan Floyd
Keluarga George Floyd Ajukan Gugatan Terhadap Kota Minneapolis serta Empat Petugas Polisi yang Terlibat Pembunuhan Floyd (Ayhan Mehmet - Anadolu Agency)

Gugatan tersebut juga meminta kota Minneapolis melatih dan mengawasi petugas kepolisiannya dengan baik di masa depan.

"Kami berusaha menetapkan prioritas secara finansial agar menjadi penghalang bagi polisi agar tak membunuh orang-orang yang terpinggirkan, terutama orang kulit hitam di masa mendatang," ungkap pengacara Benjamin Crump dalam konferensi pers.

Baca: 2 Pelaku Pembunuhan George Floyd Dibebaskan Dengan Jaminan, Thomas Lane dan J Alexander Kueng

Lebih lanjut, gugatan yang dibagikan Crump kepada Al Jazeera juga menyebutkan, pihaknya menuduh Departemen Kepolisian Minneapolis bersalah atas kematian Floyd.

"Kota Minneapolis memiliki sejarah kebijakan, prosedur dan ketidakpedulian yang disengata dalam melanggar hak-hak tahanan, khususnya pria kulit hitam dan menyoroti perlunya pelatian serta disiplin petugas," tambah Crump.

Kematian George Floyd

Sebagaimana diketahui, George Floyd, pira kulit hitam yang meninggal pada 25 Mei 2020 lalu itu, menghembuskan napas terakhirnya setelah Derek Chauvin menindihnya dengan lutut.

Halaman
12
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Sri Juliati
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved