Breaking News:

Hirohisa Chiba, Mantan Konjen Jepang di Bali Jadi Duta Besar di Vanuatu

Chiba juga selalu terpesona seni dan budaya yang bermutu tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Hirohisa Chiba, Duta Besar Jepang untuk Vanuatu. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Hubungan Jepang dengan Vanuatu sudah berlangsung cukup lama dan terjalin dengan baik.

Namun untuk pertama kalinya Vanuatu memiliki Duta Besar Jepang. Dialah mantan Konjen Jepang yang pernah bertugas di Bali, pejabat kemlu Jepang kelahiran Aomori, Hirohisa Chiba (62).

"Saya masih menunggu pesawat yang terbang ke Vanuatu. Kalau pun bisa berangkat ke Australia, dari sana belum ada pesawat yang bisa nyambung ke Vanuatu di tengah pandemi Covid-19," papar Hirohisa Chiba kepada Tribunnews.com minggu lalu.

Selama bertugas di Indonesia, Chiba merasa sangat senang.

"Saya bertugas 2 kali di Jakarta, dan di Surabaya serta akhirnya di Denpasar Bali, dengan total selama kurang lebih 16 tahun, termasuk masa tugas belajar selama dua tahun di UI dan UGM," kata dia.

Konjen Jepang Hirohisa Chiba (kanan), sensei Suika Terayama (tengah) dan wakil Dinas Pendidikan kota Denpasar Made Karyana (kiri)
Konjen Jepang Hirohisa Chiba (kanan), sensei Suika Terayama (tengah) dan wakil Dinas Pendidikan kota Denpasar Made Karyana (kiri) (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)

Baginya Indonesia merupakan kampung halaman yang kedua.

"Saya sangat mencintai keindahan alam, keanekaragaman budaya dan keramahtamahan orang Indonesia. Selama bertugas di Indonesia, saya dapat memperdalam pengetahuan saya bukan hanya tentang politik dan ekonomi negaranya saja, tetapi juga tentang seni budaya, adat istiadat serta masyarakat Indonesia," ujar dia.

Chiba juga selalu terpesona seni dan budaya yang bermutu tinggi dari berbagai daerah di Indonesia.

"Sebagai seorang diplomat Jepang dan sahabat Indonesia, saya sangat senang dapat menyaksikan hubungan persahabatan dan kerja sama antara Jepang dan Indonesia senantiasa berkembang secara kuat selama puluhan tahun ini. Semoga hubungan baik antara kedua bangsa kita tersebut akan tetap semakin diperkokoh pada masa mendatang," harap dia.

Baca: Ini Alasan Mengapa Mobil Buatan Jepang Lebih Laris daripada Produksi Eropa

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved