Breaking News:

Jepang Memerah, Suhu Panas Diperkirakan Hingga Mencapai 40 Derajat Celcius

Cuaca panas yang intens dimulai sejak Senin (10/8/2020) selama diperkirakan minggu ini.

Editor: Dewi Agustina
Foto Tenki.jp
Peta cuaca panas di wilayah Jepang, hanya Hokkaido saja yang masih sejuk, tempat lain sudah panas di Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Suhu udara di Kota Tajimi Perfektur Gifu yang biasanya adem, kemarin mencapai 38,6 derajat Celcius dan kemungkinan akan terus bertambah panas.

Demikian pula Kota Tokyo semakin bertambah panas dan hari ini diperkirakan berkisar 37 derajat Celcius.

"Udara hangat dari selatan bertiup melalui kepulauan Jepang karena bagian depannya terletak di dekat Hokkaido utara. Untuk alasan ini, suhu tinggi panas diperkirakan akan terus berlanjut secara nasional," papar sumber Tribunnews.com di perusahaan ramalan cuaca Tokyo Jepang, Selasa (11/8/2020).

Cuaca panas yang intens dimulai sejak Senin (10/8/2020) selama diperkirakan minggu ini.

Kepulauan Jepang dari utara ke selatan, hari-hari panas akan dilalui mulai sekarang berturut-turut di atas 35 derajat celcius. Bahkan mendekati 40 derajat Celcius.

Baca: 91 Pelajar SMA di Kota Matsui Jepang Terinfeksi Covid-19, Kepala Sekolah Meminta Maaf

Informasi kewaspadaan suhu tinggi dan peringatan sengatan panas telah diumumkan secara nasional dari Hokkaido hingga Okinawa.

Setiap orang harus mempertimbangkan menghindari panas sebagai prioritas pertama dalam kehidupan dan aktivitas mereka, atau kalau tidak akan pingsan terkena panas.

"Kenakan pakaian yang berventilasi baik, hindari olahraga dan pekerjaan berat, habiskan waktu di dalam ruangan dengan pendingin ruangan, sering-seringlah melembabkan diri dengan minum air banyak, dan lepaskan masker di tempat bisa berjarak 2 meter dari orang lain. Harap lakukan tindakan yang mungkin sesuai dengan situasi dan kondisi kita agar tidak menderita sengatan panas," kata dia.

ILUSTRASI CUACA PANAS - Alasan kenapa udara terasa panas dan terik saat siang hari, BMKG memberikan penjelasan.
ILUSTRASI CUACA PANAS - Alasan kenapa udara terasa panas dan terik saat siang hari, BMKG memberikan penjelasan. (portugalresident.com)

Cuaca panas di daerah Kanto sebelumnya pernah mencapai mendekati 45 derajat Celcius dan tahun ini cuaca panas akan terjadi di Jepang.

Begitu panasnya cuaca di Tokyo sehingga sampai Senin (10/8/2020) kemarin 5 orang meninggal dunia termasuk lansia usia 70 hingga 80 tahunan karena kepanasan.

Diskusi mengenai Jepang dalam WAG Pecinta Jepang terbuka bagi siapa pun. Kirimkan email dengan nama jelas dan alamat serta nomor whatsapp ke: info@jepang.com

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved