Breaking News:

China Sebar Rudal Hipersonik DF-17 ke Wilayah Pesisir yang Berhadapan dengan Taiwan

Rudal baru ini memiliki jangkauan yang lebih jauh dan mampu mencapai target lebih akurat. DF-17 memiliki jangkauan maksimum 2.500 kilometer.

China State Media
Rudal DF-26 

TRIBUNNEWS.COM, BEIJING - China tengah meningkatkan kehadiran militernya di pantai tenggara, saat muncul dugaan mereka bersiap untuk menginvasi Taiwan.

Militer China, terlihat terus meningkatkan kehadiran pangkalan misilnya di wilayah tersebut.

Salah satu satu sumber militer yang berbasis di Beijing mengatakan, Tentara Pembebasan Rakyat (PLA) China, telah mengerahkan rudal hipersonik DF-17 yang paling canggih ke daerah tersebut, di pesisir yang berhadapan dengan Taiwan.

Baca juga: Bikin Cemas AS, China Bekali Kapal Induk Ketiganya dengan Ketapel Elektromagnetik Jarak Jauh

"Rudal hipersonik DF-17 secara bertahap akan menggantikan DF-11 dan DF-15 lama yang dikerahkan di wilayah tenggara selama beberapa dekade," kata sumber militer yang namanya dirahasiakan, seperti dikutip dari South Morning Post, Senin (19/10).

Rudal baru ini memiliki jangkauan yang lebih jauh dan mampu mencapai target lebih akurat. DF-17 memiliki jangkauan maksimum 2.500 kilometer atau 1.550 mil.

Rudal Balistik Dong-Feng 26
Rudal Balistik Dong-Feng 26 (Unofficialchina.blog)

Baca juga: Kapal Induk Terbaru China Segera Diluncurkan, Berapa Banyak Jet Tempur yang Bisa Diangkut?

Gambar satelit menunjukkan bahwa pangkalan Korps Marinir dan Pasukan Roket di provinsi Fujian dan Guangdong telah berkembang dalam beberapa tahun terakhir, menurut Pemimpin Redaksi Kanwa Defence Review, Andrei Chang, yang berbasis di Kanada.

"Setiap brigade kekuatan roket di Fujian dan Guangdong sekarang dilengkapi dengan peralatan lengkap," katanya.

"Ukuran beberapa pangkalan rudal di komando teater Timur dan Selatan bahkan berlipat ganda dalam beberapa tahun terakhir, menunjukkan PLA sedang meningkatkan persiapan untuk perang yang menargetkan Taiwan," ujarnya.

Baca juga: Presiden China Xi Jinping Minta Pasukan Fokus Persiapan Perang

Chang mengatakan, satu pangkalan di Puning, sebuah kota di Guangdong, telah ditingkatkan dan sekarang menampung rudal balistik jenis baru, tetapi menolak untuk mengatakan jenis apa karena sensitivitas topiknya.

Rudal DF-17
Rudal DF-17 (PLA)

“Pangkalan rudal di Puning bertanggung jawab untuk menyerang Taiwan selatan, tetapi DF-11 dan DF-15 tidak memiliki jarak yang cukup jauh untuk terbang di atas Pegunungan Tengah untuk menghantam pangkalan udara pulau itu di Taitung dan Hualien [keduanya di Taiwan timur ]," dia berkata.

Halaman
123
Editor: Malvyandie Haryadi
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved