Breaking News:

Peringati Hari Migran Internasional, WNI di Riyadh Ikuti Pelatihan Wirausaha Kopi

Pelatihan diberikan oleh empat orang barista profesional asal Indonesia yang berada di Riyadh.

Dok. KBRI Riyadh
KBRI Riyadh bekerja sama dengan Forum Konsolidasi Ormas & Pegiat Pekerja Migran Indonesia (FKOPPMI) di Riyadh Arab Saudi menggelar pelatihan kopi untuk warga dan pekerja migran Indonesia pada 4 Desember 2020. 

TRIBUNNEWS.COM, RIYADH -- KBRI Riyadh bekerja sama dengan Forum Konsolidasi Ormas & Pegiat Pekerja Migran Indonesia (FKOPPMI) di Riyadh Arab Saudi menggelar pelatihan kopi untuk warga dan pekerja migran Indonesia pada 4 Desember 2020.

Kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka peringatan Hari Migran Sedunia (International Migrants Day) yang jatuh pada setiap 18 Desember.

Kegiatan dengan jumlah peserta terbatas sesuai protokol kesehatan pencegahan Covid-19 ini digelar di Lewis & Carrol for Speciality Tea, yang merupakan merek kafe asli Indonesia dan kini merambah ke kota Riyadh sejak November 2018.

Melalui pelatihan ini, para peserta yang terdiri dari perwakilan organisasi dan komunitas masyarakat Indonesia di Riyadh dapat belajar mengenai ilmu-ilmu dasar tentang dunia kopi dan barista, serta praktik seperti cara pembuatan espresso dan cupping (menilai rasa berbagai jenis kopi dan membedakannya).

Beberapa jenis kopi yang disediakan antara lain jenis arabika dari Costa Rica, Kolombia, Guatemala serta robusta Indonesia.

Baca juga: KBRI Riyadh Bantu Kepulangan Puluhan WNI Korban Perdagangan Orang

Pelatihan diberikan oleh empat orang barista profesional asal Indonesia yang berada di Riyadh.

Saat ini, setidaknya terdapat lebih dari 70 barista Indonesia yang bekerja di berbagai kafe yang sedang menjamur di kota Riyadh.

Sementara di seluruh wilayah Saudi, jumlah barista Indonesia diperkirakan mencapai ratusan.

Agus Mujib, mahasiswa S2 King Saud University yang ikut dalam pelatihan menyatakan, pelatihan kopi ini menambah wawasannya tentang dunia perkopian yang sangat bermanfaat.

"Jika selesai kuliah nanti dan saya dapat melihat potensi bisnis dalam bidang perkopian mungkin saya akan menggeluti usaha ini," ujar Agus seperti dikutip dari keterangan KBRI Riyadh, Sabtu (5/12/2020).

Sementara itu, salah satu barista yang memberikan materi dan sejak dua tahun ini bekerja di Lewis & Carroll Riyadh M. Riyan Saputra mengungkapkan, kebahagiannya bisa berbagi ilmu dan pengalaman kepada sesama WNI, apalagi saat melihat antusiasme peserta dalam mengikuti pelatihan.

 "Selama ini banyak pemilik kafe di Saudi yang menyukai barista Indonesia. Hal ini bisa menjadi nilai tambah dan penyemangat bagi rekan-rekan yang ingin belajar", tambah Riyan.

 KBRI Riyadh menyatakan peringatan IMD (International Migrant Day 2020 di kalangan pekerja migran di Riyadh di masa pandemi difokuskan pada kegiatan yang memberi nilai kemanfaatan sekaligus bernilai pemberdayaan.

Penulis: Rina Ayu Panca Rini
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved