Breaking News:

Virus Corona

WHO: Beijing Buka Diri Untuk Kedatangan Tim Penyelidik Asal-Usul Covid-19 ke China

China sangat menentang seruan untuk penyelidikan internasional tentang asal-usul virus corona, dengan mengatakan permintaan  

Tribunnews/Jeprima
Petugas medis melayani swab test (tes usap) Covid-19 secara drive thru di Genomik Solidaritas Indonesia (GSI Lab) kawasan Lebak Bulus, Jakarta Selatan, Rabu (16/12/2020). Satgas Covid-19 Nasional mencatat, kapasitas tes di laboratorium turun dari 96,35 persen di pekan pertama Desember menjadi 81,9 persen pada pekan kedua Desember, salah satu penyebabnya adalah kegiatan Pilkada Serentak yang dilaksanakan pada 9 Desember lalu. Tribunnews/Jeprima 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, SINGAPURA – Beijing akan menyambut tim internasional penyelidik Covid-19 yang akan melakukan perjalanan ke China pada Januari 2021. Organisasi Kesehatan Dunia (WHO)  memimpin misi tersebut.

Hal itu disampaikan Direktur Kedaruratan Regional WHO di Pasifik Barat, Babatunde Olowokure dalam konferensi pers, pada Kamis (17/12/2020), seperti dilansir Reuters.

China sangat menentang seruan untuk penyelidikan internasional tentang asal-usul virus corona, dengan mengatakan permintaan  semacam itu anti-China.

Namun kini China  telah membuka diri untuk penyelidikan yang dipimpin WHO.

Tidak jelas apakah penyelidik WHO akan melakukan perjalanan ke kota Wuhan di mana virus pertama kali terdeteksi. Diskusi tentang rencana perjalanan sedang berlangsung.

Baca juga: Anies Baswedan Keluarkan Dua Kebijakan Antisipasi Klaster Covid-19 Saat Libur Natal dan Tahun Baru

Baca juga: Cerita Siswa SMA Amerika yang Bantu Warga Terdampak Covid-19

"WHO terus menghubungi China dan untuk membahas tim internasional dan tempat-tempat yang akan mereka kunjungi," ujar Babatunde Olowokure.

"Pemahaman kami saat ini adalah  China menyambut tim internasional dan kunjungan mereka ... Sejauh yang kaki ketahui, kunjungan ini diantisipasi, akan terjadi pada awal Januari mendatang," jelasnya.

Pada hari Rabu, seorang anggota dan diplomat WHO mengatakan kepada Reuters misi itu diperkirakan akan bertolak ke China pada minggu pertama Januari 2021 untuk menyelidiki asal-usul virus.

Juru bicara kementerian luar negeri China Wang Wenbin tidak secara langsung mengomentari kunjungan WHO.

Baca juga: 5 Hakim Terpapar Covid-19, Pengadilan Negeri Jakarta Pusat Lockdown Lagi

Baca juga: Cerita Siswa SMA Amerika yang Bantu Warga Terdampak Covid-19

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved