Breaking News:

Natal 2020

Pesan Natal, Paus Fransiskus Serukan Pemimpin Dunia Agar Vaksin Covid Bisa Diakses Semua Orang

Paus Fransiskus menyerukan kepada jajaran pemimpin dunia agar memastikan vaksin virus corona bisa diakses semua orang tanpa terkecuali.

Tribunnews/Herudin
Pohon Natal raksasa dan parade Santa Claus and Friends menyapa pengunjung Mal Senayan City, Jakarta Pusat, Kamis (24/12/2020). Menyambut hari Natal, Mal Senayan City menggelar parade Santa Claus bersama manusia jahe, manusia salju, dan manusia rusa berkeliling mal agar pengunjung bisa berfoto dan menikmati kemeriahan nuansa Natal. Tribunnews/Herudin 

TRIBUNNEWS.COM - Paus Fransiskus menyerukan kepada jajaran pemimpin dunia agar memastikan vaksin virus corona (Covid-19) bisa diakses semua orang tanpa terkecuali.

Dalam sebuah pidato di Hari Raya Natal pada Jumat (25/12), pemimpin tertinggi gereja Katolik itu mengingatkan semua pihak untuk tidak memasang "tembok" yang dapat menghalangi orang-orang dalam mendapatkan pengobatan Covid-19.

Baca juga: Kapolri: Jangan Biarkan Momentum Natal dan Tahun Baru Menjadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

Paus meminta otoritas dan pemerintahan negara-negara asal vaksin agar membuka akses seluas-luasnya bagi siapapun.

”Hari ini, di saat kegelapan dan ketidakpastian selama pandemi, cahaya harapan yang berbeda muncul, seperti penemuan vaksin. Mereka harus tersedia untuk semua orang. Vaksin adalah hak semua, terutama untuk mereka yang paling rentan dan berkebutuhan,” kata kata Paus Fransiskus dalam pesan tradisional Urbi et Orbi (kepada kota dan dunia).

Baca juga: Hadiri Peringatan Nasional Hari Relawan PMI 2020 secara Virtual, Ini Pesan Jusuf Kalla

Pidato "Urbi et Orbi” adalah sebuah tradisi Kepausan di malam Natal. Biasanya, Paus menyampaikan pidato ini dari balkon Basilika Santo Petrus. Sementara puluhan ribu umat Katolik akan memenuhi lapangan suci di jantung Vatikan itu untuk mendengar pidato dan menerima pemberkatan dari Sri Paus.

Namun menyusul gelombang kedua wabah corona di Italia, Paus Fransiskus mengubah tradisi perayaan Natal di Vatikan itu.

Baca juga: Pesan Natal Paus Fransiskus untuk Umat Kristiani

Tahun ini pidato "Urbi et Orbi” tidak lagi digelar di lapangan Santo Petrus, melainkan dibacakan di dalam sebuah aula di Istana Apostolik.

Dalam pidatonya Paus Fransiskus memuji upaya global mengembangkan vaksin corona sebagai "cahaya harapan” bagi dunia.

”Kita tidak boleh membiarkan nasionalisme sempit menghalangi kita untuk hidup sebagai sebuah keluarga kemanusiaan. Semoga pemimpin politik dan pemerintahan mengedepankan semangat kerja sama internasional, yang dapat dimulai dari layanan kesehatan, sehingga semua orang akan mendapat akses terhadap vaksin dan pengobatan," ucap Paus Fransiskus dikutip dari laman BBC.

Peringatan Paus Fransiskus itu disampaikan di tengah kekhawatiran kekuatan global akan membeli terlalu banyak dosis vaksin Covid-19 sehingga membuat negara-negara miskin tidak kebagian.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Sanusi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved