Breaking News:

Arab Saudi Akan Buka Kembali Kedubes di Qatar

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memberlakukan embargo diplomatik, perdagangan, dan perjalanan ke Qatar pada pertengahan 2017

DOHA NEWS
Pesawat Qatar Airways 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Srihandriatmo Malau

TRIBUNNEWS.COM, RIYADH — Pemerintah Arab Saudi akan kembali membuka kedutaan besarnya di Qatar dalam beberapa hari mendatang.

Menteri Luar Negeri Arab Saudi Faisal bin Farhan seperti dilansir Reuters, Minggu (17/1/2021) mengatakan, keputusan ini diambil menyusul normalisasi hubungan dua negara setelah perselisihan tiga tahun antara negara-negara Arab.

“Hubungan diplomatik penuh akan dilanjutkan,” ujarnya.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memberlakukan embargo diplomatik, perdagangan, dan perjalanan ke Qatar pada pertengahan 2017 karena dituduh mendukung terorisme.

Namun tuduhan itu dibantah Qatar dan Qatar menegaskan embargo itu dimaksudkan untuk merusak kedaulatannya.

Baca juga: Arab Saudi Akhiri Boikot, Penerbangan Qatar Perdana Mendarat di Riyadh dari Doha

Riyadh pada 5 Januari lalu mengumumkan terobosan kesepakatan yang didukung AS untuk mengakhiri embargo dengan Doha, untuk mencoba memperkuat aliansi Arab melawan Iran.

Negara-negara telah membuka ruang udara mereka satu sama lain dan beberapa penerbangan telah dilanjutkan.

Baca juga: Petugas Gabungan Amankan 21 Calon Tenaga Kerja Indonesia Ilegal ke Qatar di Sidak Awal Tahun 2021

Sebelumnya sebuah pesawat Qatar Airways mendarat di Riyadh, Arab Saudi dari Doha pada Senin (11/1/2021) waktu setempat. Ini adalah penerbangan komersial pertama antara kedua negara dalam tiga setengah tahun, sejak aksi boikot negara-negara Teluk pada 2017 lalu.

Langkah itu muncul setelah Kerajaan Saudi dan Qatar sepakat untuk memulihkan hubungan diplomatik dan perdagangan menyusul perselisihan lebih dari tiga tahun.

Halaman
12
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Choirul Arifin
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved