Breaking News:

Profil Alexei Navalny, Kritikus Vladimir Putin yang Juga Merupakan Pemimpin Oposisi Rusia

Inilah profil Alexei Navalny yang saat ini ditahan di penjara Rusia. Ia adalah kritikus Vladimir Putin sekaligus pemimpin oposisi Rusia.

Kirill KUDRYAVTSEV/AFP
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny dan istrinya Yulia terlihat di titik pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Polisi Rusia menahan kritikus Kremlin Alexei Navalny di bandara Moskow tak lama setelah dia mendarat dalam penerbangan dari Berlin, seorang jurnalis AFP di tempat kejadian berkata. 

TRIBUNNEWS.COM - Pemimpin Oposisi Rusia, Alexei Navalny ditahan di penjara Rusia setelah kembali sejak selamat dari serangan agen pada Agustus 2020.

Kritikus Presiden Vladimir Putin itu dijatuhi hukuman selama 30 hari penjara.

Keputusan cepat ini diambil menyusul sidang ad-hoc satu hari yang belum pernah terjadi sebelumnya dan tampaknya mengabaikan sebagian besar aspek serta proses hukum.

Sidang dimulai pada Senin pagi (18/1/2021) di kantor polisi, kurang dari 24 jam setelah Navalny ditangkap di Bandara Sheremetyevo, Moskow.

Alexey Navalny adalah politikus Rusia, pengacara dan pendiri Anti-Corruption Foundation.

Pada 2017, ia mengadakan kampanye untuk maju dalam Pemilihan Presiden, yang menjadi agenda politik terpenting dalam sejarah modern Rusia.

Baca juga: Rusia Menahan Lebih dari 3.000 Orang dalam Aksi Protes Pro-Alexei Navalny

Baca juga: Kritikus Vladimir Putin, Alexei Navalny Dijatuhi Hukuman Penjara 30 Hari

Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny terlihat di titik pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Polisi Rusia menahan kritikus Kremlin Alexei Navalny di bandara Moskow tak lama setelah dia mendarat dalam penerbangan dari Berlin, seorang wartawan AFP di tempat kejadian mengatakan .
Pemimpin oposisi Rusia Alexei Navalny terlihat di titik pemeriksaan paspor di bandara Sheremetyevo Moskow pada 17 Januari 2021. Polisi Rusia menahan kritikus Kremlin Alexei Navalny di bandara Moskow tak lama setelah dia mendarat dalam penerbangan dari Berlin, seorang wartawan AFP di tempat kejadian mengatakan . (Kirill KUDRYAVTSEV/AFP)

Mengutip laman resmi Navalny, berikut ini Tribunnews rangkum biografi Alexei Navalny:

1976

Alexey Navalny lahir pada 4 Juni 1976 di Desa Butyn dekat Moskow dalam keluarga seorang perwira militer.

Di masa kecilnya, Navalny sering bepergian dari satu kota garnisun ke kota lain bersama keluarganya.

Halaman
1234
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved