Breaking News:

Presiden Baru Amerika

Antony Blinken Resmi Jadi Menteri Luar Negeri AS

Senat Amerika Serikat (AS) mengukuhkan diplomat senior Antony Blinken, untuk menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pemerintahan Presiden Joe Biden.

CHANDAN KHANNA / AFP
Calon Menteri Luar Negeri Antony Blinken (kanan) berpartisipasi saat Presiden terpilih AS Joe Biden berbicara selama acara pengumuman kabinet di Wilmington, Delaware, pada 24 November 2020 

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON — Senat Amerika Serikat (AS) mengukuhkan diplomat senior Antony Blinken, untuk menjabat sebagai Menteri Luar Negeri pemerintahan Presiden Joe Biden.

Senat yang berjumlah 100 anggota yang didominasi Partai Demokrat memberi 78 suara dukungan kepada Blinken dan 22 menolak.

Suara yang menolak berasal dari anggota Partai Republik.

Demikian menurut laporan Reuters, Rabu (27/1/2021).

Dengan persetujan itu, Blinken dapat dilantik sebagai Menteri Luar Negeri di kemudian hari.

Blinken adalah orang kepercayaan Biden sejak lama yang telah dikonfirmasi oleh Senat AS sebelumnya, menjadi orang nomor dua  di Departemen Luar Negeri selama pemerintahan mantan Presiden Barack Obama, ketika Biden menjabat sebagai wakil presiden.

Di hadapan Komite Hubungan Luar Negeri Senat pekan lalu, Blinken berjanji akan bekerja lebih erat dengan sekutu setelah pemerintahan sebelumnya, Donald Trump memakai pendekatan "America First"  untuk kebijakan luar negeri.

Blinken mengatakan dia akan bekerja untuk merevitalisasi diplomasi Amerika yang rusak dan membangun garda persatuan untuk melawan tantangan yang ditimbulkan oleh Rusia, China dan Iran.

Saat ini, Daniel Smith, mantan direktur Institut Layanan Luar Negeri (FSI), menjabat sebagai penjabat Menteri Luar Negeri.

Blinken adalah direktur staf komite sebelum ia bergabung dengan pemerintahan Obama.

Halaman
1234
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved