Breaking News:

Imlek 2021

Kasedori, Tahun Baru Imlek Tradisional Jepang Dimulai Sejak Zaman Edo

Kali ini perayaan ritual kasedori selain berharap kesuksesan juga berharap konvergensi corona dan pernapasan bebas penyakit.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Tarian pada acara rakyat Kaminoyama 'Kasedori' diadakan di Kuil Tsukioka, Kamis (11/2/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kasedori merupakan acara Tahun Baru Imlek tradisional Jepang yang dimulai pada era Kanei (Februari 1624 - Desember 1644) pada periode Edo sekitar 400 tahun yang lalu.

Namun telah ditangguhkan sejak era Meiji, dan kemudian sejak kebangkitannya pada tahun 1959, telah diadakan kembali setiap tahun pada tanggal 11 Februari.

"Upacara doa untuk acara rakyat Kaminoyama "Kasedori" diadakan di Kuil Tsukioka pada tanggal 11 Februari. Tahun ini, karena pengaruh virus corona, pawai di wilayah kota dibatalkan, tetapi setelah tindakan menyeluruh terhadap corona seperti tidak bersuara, kami mengadakan ritual dan pertunjukan Shinto hanya untuk mereka yang terlibat, bisnis yang sejahtera dan kesuburan," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (12/2/2021).

Kali ini perayaan ritual kasedori selain berharap kesuksesan juga berharap konvergensi corona dan pernapasan bebas penyakit.

Baca juga: Kumpulan Ucapan Selamat Tahun Baru Imlek 2021, Cocok Dikirimkan ke Keluarga dan Jadi Status Sosmed

Baca juga: Peringati Imlek, Gus Mis sebut Indonesia Sangat Majemuk, Penuh dengan Rasa Persaudaraan

Upacara ini dihadiri sekitar 30 anggota Masyarakat Pelestarian Kasedori (Ketua Kenichi Osawa) dan pihak terkait.

Setelah ritual Shinto, anggota Masyarakat Pelestarian mengenakan "Kendai" yang dirajut dengan jerami untuk menjadi bentuk burung pendukung, dan dilakukan dalam lingkaran diiringi teriakan khas penyanyi "Kakegoe Kakegoe".

"Tahun ini hanya ada 11 burung Kase lokal, tapi saya melompat dengan penuh semangat untuk menginspirasi semua orang. Kita berharap bisa menyelenggarakannya seperti biasa tahun depan," kata Osawa.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang. Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved