Breaking News:

Penanganan Covid

Hari Ini Vaksin Pfizer Tiba di Jepang

Direncanakan 17 Februari sudah dilakukan vaksinasi kepada para tenaga medis dan yang terkait dengan tugas menghadapi pasien terinfeksi Covid-19.

Foto Richard Susilo
Vaksin Pfizer dari Belgia tanggal 14 Februari tiba di Narita Chiba Jepang 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Minggu (14/2/2021) siang ini vaksin Pfizer yang dikirimkan dari Belgia dijadwalkan tiba di Bandara Narita Chiba Jepang. Rencananya vaksin tersebut akan langsung dibawa ke lokasi pusat distribusi.

"Dari pusat distribusi langsung dikirimkan ke berbagai lembaga medis, rumah sakit dan sebagainya," ungkap sumber Tribunnews.com, Minggu (14/2/2021).

Tiga distributor utama Jepang yang telah ditunjuk PM Jepang Yoshihide Suga adalah Seino, DHL dan Yamato Holdings (kuroneko takkyubin).

Direncanakan 17 Februari sudah dilakukan vaksinasi kepada para tenaga medis dan yang terkait dengan tugas menghadapi pasien terinfeksi Covid-19, misalnya pasukan bela diri Jepang (SDF), para perawatnya yang membantu di berbagai tempat mengantisipasi pandemi Corona saat ini.

Penyuntikan vaksinasi hanya boleh dilakukan oleh dokter dan perawat atau tenaga kesehatan yang ditunjuk dokter yang bersangkutan.

Satu botol Pfizer yang semula dan diumumkan Pfizer bisa digunakan untuk enam kali penyuntikkan (6 orang) diinstruksikan Menteri Kesehatan Tamura hanya dipakai untuk 5 kali penyuntikan.

"Terkait jarum khusus yang ternyata salah perhitungan bagi Jepang. Kini sedang digencarkan produksi jarum suntik khusus tersebut untuk vaksinasi menggunakan vaksin Pfizer," tambahnya.

Pengurangan jumlah suntikan mempengaruhi jumlah orang yang akan divaksin. Ini juga mempengaruhi jumlah persediaan vaksin berkurang 17 persen di Jepang.

Baca juga: Pemerintah Janji Tanggung Biaya Perawatan dan Pengobatan KIPI Usai Vaksinasi Covid-19

Baca juga: Dampak Pengunduran Diri Ketua Olimpiade Jepang, LDP Disebut-sebut akan Menjatuhkan Gubernur Koike

Sisa cairan vaksin yang ada dalam botol secepat mungkin akan disimpan kembali di tempat minus 75 derajat celcius, apabila penggunaan kurang dari dua jam.

"Satu orang vaksinasi berlangsung 15 menit. Lima orang berarti 75 menit memungkinkan sisa vaksin disimpan kembali meskipun ada risiko rusak pula."

"Jadi tidak ada keputusan membuang sisa vaksin yang masih ada di dalam botol vaksin Pfizer. Namun tentu jumlah yang akan divaksinasi berkurang sambil menunggu persediaan jarum suntik khusus Pfizer untuk vaksinasi," tambahnya.

Vaksin sebanyak 195 botol untuk satu box (vaksin) bisa dipakai untuk 975 kali vaksinasi.

Sementara itu bagi WNI yang berkeinginan vaksinasi Covid-19 di Jepang dapat menghubungi Forum BBB, kelompok bisnis WNI yang berdomisili di Jepang dengan email: bbb@jepang.com subject: Vaksinasi

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved