Breaking News:

Penanganan Covid

WHO Tetap Terbuka Menggunakan Semua Hipotesis untuk Mencari Asal Usul Covid-19

Ilmuwan China membantah bekerja pada SARS-CoV-2 atau bahkan memiliki sampel virus yang menyebabkan Covid-19.

Hector RETAMAL / AFP
Peter Daszak, salah satu anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul virus corona COVID-19, melambai saat memberikan sampel usap untuk menguji COVID-19 di balkon hotel Wuhan Hilton Optics Valley di Wuhan, Provinsi Hubei tengah China pada 6 Februari 2021. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, JENEWA - Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan bahwa lembaga ini tetap terbuka untuk menggunakan semua hipotesis dalam upaya pencarian asal usul virus corona (Covid-19).

Selama konferensi pers yang digelar di Jenewa, Swiss pada Jumat lalu, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus dan Pemimpin Tim Misi Pencari Fakta WHO ke Wuhan, Peter Ben Embarek mengatakan semua hipotesis masih terbuka untuk mempelajari asal-usul pandemi.

Sebelumnya, tim Embarek memang gagal mengidentifikasi sumber virus ini.

Namun timnya menemukan cukup bukti dan kesaksian yang secara efektif mengesampingkan anggapan bahwa virus itu bocor dari laboratorium virologi di Wuhan.

Baca juga: AS Minta China Buka-bukaan Soal Data Investigasi WHO Terkait Covid-19

Baca juga: POPULER Internasional: Temuan WHO tentang Asal Usul Covid-19 | Wanita di Myanmar Ditembak di Kepala

"Hipotesis insiden laboratorium sangat tidak mungkin, ini tidak ada dalam hipotesis yang akan kami sarankan untuk penelitian di masa depan," kata Embarek.

Dikutip dari laman Russia Today, Minggu (14/2/2021), pernyataan ini sangat kontras dengan apa yang disampaikan Tedros.

"Beberapa pertanyaan telah diajukan, apakah beberapa hipotesis telah disingkirkan? setelah berbicara dengan beberapa anggota tim, saya ingin memastikan bahwa semua hipotesis tetap terbuka dan memerlukan analisis dan studi lebih lanjut," kata Tedros.

Sementara itu, Iimuwan China yang bekerja di Wuhan, menjadi pihak yang diwawancarai sebagai bagian dari misi WHO.

Mereka membantah bekerja pada SARS-CoV-2 atau bahkan memiliki sampel virus yang menyebabkan Covid-19.

Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul virus corona Covid-19, mengenakan alat pelindung terlihat selama kunjungan mereka ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan Hubei di Wuhan, Provinsi Hubei tengah China pada 2 Februari 2021 .
Anggota tim Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) yang menyelidiki asal-usul virus corona Covid-19, mengenakan alat pelindung terlihat selama kunjungan mereka ke Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Hewan Hubei di Wuhan, Provinsi Hubei tengah China pada 2 Februari 2021 . (Hector RETAMAL / AFP)
Halaman
12
Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved