Breaking News:

Penanganan Covid

Vaksin Pfizer Tiba di Jepang, Hari Ini Mulai Didistribusikan ke Seluruh Wilayah

Kedatangan vaksin covid-19 ini tidak terpengaruh oleh gempa bumi maupun guncangan dan pemadaman listrik yang terjadi pasca gempa bumi.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Vaksin Pfizer yang tiba di Bandara Narita Chiba Jepang, Minggu (14/2/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Vaksin Pfizer yang dikirim dari Belgia tiba di Bandara Narita Chiba Jepang, Minggu (14/2/2021).

Kedatangan vaksin covid-19 ini tidak terpengaruh oleh gempa bumi maupun guncangan dan pemadaman listrik yang terjadi pasca gempa bumi magnitudo 7,3 pada Sabtu (13/2/2021) malam.

"Kami telah mengkonfirmasi ke Pfizer bahwa vaksin tidak terpengaruh oleh guncangan gempa atau apa pun karena telah dipaket dengan baik dan terlindung dengan sangat baik pula di kotak yang sangat khusus," papar Sekretaris Kabinet, Katsunobu Kato, Minggu (14/2/2021).

Guncangan gempa di Fukushima, Jepang, Sabtu (13/2/2021) malam terasa sampai di Kota Tokyo. Perabot di ruangan terguling akibat kerasnya guncangan.
Guncangan gempa di Fukushima, Jepang, Sabtu (13/2/2021) malam terasa sampai di Kota Tokyo. Perabot di ruangan terguling akibat kerasnya guncangan. (Tribunnews/Richard Susilo)

Gempa bumi besar dengan kekuatan magnitudo 7,3 Sabtu (13/2/2021) malam menimbulkan pertanyaan beberapa kalangan apakah ada dampak bagi transportasi vaksin pfizer dan kualitasnya saat dibawa dan berada di Jepang.

"Konfirmasi telah diperoleh dari raksasa farmasi AS Pfizer, bahwa vaksin yang tiba di Jepang tidak terpengaruh oleh pemadaman listrik yang disebabkan oleh gempa bumi dan telah dikendalikan dengan suhu yang dibutuhkan," tambah Kato.

Vaksin telah berada di pusat distribusi, pemeriksaan otoritas medis Jepang dan Senin (15/2/2021) hari ini didistribusikan ke seluruh tempat di Jepang.

Baca juga: Gempa Berkekuatan 7,3 Magnitudo Landa Jepang, Tidak Ada Laporan Korban Jiwa

Baca juga: Jepang Diguncang Gempa 7,3 Magnitudo, KBRI Tokyo Imbau WNI untuk Tetap Tenang dan Waspada

Vaksinasi tenaga medis dimulai selambatnya 17 Februari 2021.

Lalu 1 April 2021 kalangan lansia usia 65 tahun ke atas mulai divaksinasi pula.

Kemudian kalangan umum warga Jepang dan semua warga yang punya kartu Zairyu Card di Jepang akan mendapat vaksinasi diperkirakan mulai Mei dan Juni 2021 selesai sebelum dimulainya Olimpiade 23 Juli 2021.

Sementara itu Forum bisnis WNI di Jepang baru saja meluncurkan masih pre-open Belanja Online di TokoBBB.com yang akan dipakai berbelanja para WNI di Jepang . Info lengkap lewat email: bbb@jepang.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved