Breaking News:

Investigasi Diluncurkan untuk Cari Tahu Penyebab Ever Given Tersangkut di Terusan Suez

Para ahli kini melakukan investigasi untuk mencari tanda-tanda kerusakan dan mencoba menentukan penyebab kapal tersangkut di Terusan Suez.

Cnes2021, Distribusi Airbus DS / AFP
Gambar satelit selebaran ini milik Cnes 2021 yang dirilis pada 25 Maret 2021 oleh Airbus DS menunjukkan kapal kontainer MV 'Ever Given' (Evergreen) milik Taiwan, dengan panjang 400 meter (1.300 kaki) dan lebar 59 meter. kapal, bersandar ke samping dan menghalangi semua lalu lintas di seberang jalur air Terusan Suez Mesir. Pemilik kapal kontainer raksasa yang memblokir Terusan Suez mengatakan mereka menghadapi "kesulitan ekstrim" untuk mengapungkannya kembali karena Mesir untuk sementara menutup salah satu jalur pelayaran tersibuk di dunia. 

TRIBUNNEWS.COM - Kemacetan yang terjadi di Terusan Suez, Mesir beberapa hari belakangan masih menarik perhatian.

Buntut insiden tersebut, para ahli kini melakukan investigasi untuk mencari tanda-tanda kerusakan dan mencoba menentukan penyebab kapal tersangkut di Terusan Suez.

Dilansir Al Jazeera, informasi ini didapat dari pilot senior Terusan Suez, yang tak menyebutkan nama karena tak berwenang untuk berbicara dengan wartawan mengatakan kepada Associated Press.

Dia mengatakan, para insinyur memeriksa mesin kapal berbendera Panama milik Jepang, yang mengangkut kontainer barang dari Asia menuju Eropa, untuk menentukan kapan tepatnya kapal kontainer raksasa itu dapat berlayar ke tujuannya, yakni Belanda.

Baca juga: Pemilik Kapal Kontainer Jepang yang Buat Macet Terusan Suez Belum Terima Aduan Klaim Kompensasi

Baca juga: Ever Given Dibebaskan Mashhour, Kapal Pengeruk yang Geser Pasir Sebanyak 2000 Meter Kubik per Jam

Lalu lintas di Terusan Suez Mesir telah kembali normal setelah kapal kontainer terdampar yang memblokir perairan selama hampir seminggu akhirnya dibebaskan oleh kru penyelamat.
Lalu lintas di Terusan Suez Mesir telah kembali normal setelah kapal kontainer terdampar yang memblokir perairan selama hampir seminggu akhirnya dibebaskan oleh kru penyelamat. (SUEZ CANAL AUTHORITY / Maxar Technologies/ AFP)

Penyedia layanan Terusan Suez Leth Agencies mengatakan bahwa lebih dari tiga lusin kapal yang menunggu Ever Given dibebaskan telah keluar dari kanal ke Laut Merah sejak jalur air dibuka kembali untuk navigasi pada pukul 6 sore pada Senin (29/3/2021).

"Pada Selasa pagi (30/3/2021), lebih dari 300 kapal sedang menunggu di kedua ujung Terusan Suez dan di Great Bitter Lake untuk izin melanjutkan berlayar ke tujuan mereka," kata Leth Agencies.

TV pemerintah Mesir melaporkan pada Selasa malam, lebih dari 100 kapal telah melewati Terusan Suez di kedua arah sejak Ever Given dibongkar.

Baca juga: Terusan Suez Akhirnya Dibuka, Kapal Besar yang Memblokir Perairan Berhari-hari Kembali Berlayar

FOTO yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez pada tanggal 29 Maret 2021 menunjukkan kapal kontainer MV 'Ever Given' (dioperasikan oleh Evergreen Marine yang berbasis di Taiwan) berbendera Panama, 400 meter (1.300 kaki) dengan lebar 59 meter, menghalangi lalu lintas di jalur air Terusan Suez Mesir. Otoritas Terusan Suez Mesir mengatakan pada 29 Maret kapal kontainer Ever Given, yang telah memblokir jalur air penting selama hampir seminggu, telah berbelok ke
FOTO yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez pada tanggal 29 Maret 2021 menunjukkan kapal kontainer MV 'Ever Given' (dioperasikan oleh Evergreen Marine yang berbasis di Taiwan) berbendera Panama, 400 meter (1.300 kaki) dengan lebar 59 meter, menghalangi lalu lintas di jalur air Terusan Suez Mesir. Otoritas Terusan Suez Mesir mengatakan pada 29 Maret kapal kontainer Ever Given, yang telah memblokir jalur air penting selama hampir seminggu, telah berbelok ke "arah yang benar" (SUEZ CANAL AUTHORITY / AFP)

Butuh Berhari-hari Bebaskan Ever Given dari Terusan Suez

Kepala Otoritas Terusan Suez, Osama Rabei mengatakan kepada wartawan pada Senin (29/3/2021) bahwa lalu lintas laut dapat kembali dalam empat hari sebelum Ever Given dihentikan.

Pemilik kapal kontainer yang tersangkut di Terusan Suez, Shoei Kisen, mengatakan pada Selasa bahwa itu akan menjadi bagian dari penyelidikan bersama dengan pihak lain, meskipun tidak mengidentifikasi nama mereka.

Halaman
123
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved