Breaking News:

Pemilik Kapal Kontainer Jepang yang Buat Macet Terusan Suez Belum Terima Aduan Klaim Kompensasi

Pemilik kapal kontainer raksasa yang memblokir lalu lintas Terusan Suez, Shoei Kisen, belum terima klaim atau tuntutan hukum untuk meminta kompensasi.

SUEZ CANAL AUTHORITY / AFP
FOTO yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez pada tanggal 29 Maret 2021 menunjukkan kapal kontainer MV 'Ever Given' (dioperasikan oleh Evergreen Marine yang berbasis di Taiwan) berbendera Panama, 400 meter (1.300 kaki) dengan lebar 59 meter, menghalangi lalu lintas di jalur air Terusan Suez Mesir. Otoritas Terusan Suez Mesir mengatakan pada 29 Maret kapal kontainer Ever Given, yang telah memblokir jalur air penting selama hampir seminggu, telah berbelok ke "arah yang benar" 

TRIBUNNEWS.COM - Pemilik kapal kontainer raksasa yang memblokir lalu lintas Terusan Suez, Shoei Kisen, belum menerima aduan klaim atau tuntutan hukum untuk meminta kompensasi atas kerugian dari penyumbatan tersebut.

Mengutip Reuters, pejabat perusahaan memberikan informasi ini pada Selasa (30/3/2021).

"Tidak ada klaim atau tuntutan hukum terhadap perusahaan kami terkait dengan insiden tersebut," kata Wakil Manajer di Departemen Manajemen Srmada Shoei Kisen, Yumi Shinohara kepada Reuters melalui telepon.

"Kami masih menyelidiki penyebab kejadian dan biaya termasuk pembayaran asuransi dan potensi ganti rugi atas kerusakan," ujarnya tanpa merinci lebih lanjut.

Baca juga: Terusan Suez Akhirnya Dibuka, Kapal Besar yang Memblokir Perairan Berhari-hari Kembali Berlayar

Baca juga: Sejarah Insiden Terusan Suez, Sudah Beberapa Kali Terblokir dan Ditutup sejak Pertama Kali Dibuka

Lalu lintas di Terusan Suez Mesir telah kembali normal setelah kapal kontainer terdampar yang memblokir perairan selama hampir seminggu akhirnya dibebaskan oleh kru penyelamat.
Lalu lintas di Terusan Suez Mesir telah kembali normal setelah kapal kontainer terdampar yang memblokir perairan selama hampir seminggu akhirnya dibebaskan oleh kru penyelamat. (SUEZ CANAL AUTHORITY / Maxar Technologies/ AFP)

Pengiriman menggunakan kapal kontainer mulai bergerak lagi pada Senin malam (29/3/2021) di Terusan Suez, Mesir, setelah kapal tunda mengapungkan kembali Ever Given Shoei Kisen sepanjang 400 meter yang menyebabkan penumpukan besar kapal di sekitar jalur air.

"Pemilik dan penjamin salah satu kapal kontainer dapat menghadapi klaim senilai jutaan dolar, bahkan jika kapal itu diapungkan kembali dengan cepat," ungkap narasumber industri.

Lambung kapal diasuransikan oleh Mitsui Sumitomo Insurance Jepang, yang berada di bawah MS&AD Insurance Group Holdings Inc, Tokio Marine & Nichido Fire Insurance Co dan Sompo Japan Insurance Inc.

"Sementara UK P&I Club juga merupakan perusahaan asuransi untuk kapal tersebut," kata Shinohara.

UK P&I Club telah mengatakan bahwa itu adalah asuransi perlindungan dan ganti rugi untuk Ever Given.

Baca juga: Update Ever Given Tersangkut di Terusan Suez: Posisi Kapal Hampir Normal Sebabkan Harga Minyak Turun

Baca juga: Terusan Suez Masih Macet, Distribusi Bahan Bakar Suriah Ketar-ketir

Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez.
Sebuah gambar yang dirilis oleh Otoritas Terusan Suez Mesir pada 29 Maret 2021, menunjukkan kapal tunda menarik kapal kontainer MV Ever Given berbendera Panama setelah sepenuhnya terlepas dari tepi Suez. (SUEZ CANAL AUTHORITY / AFP)

Lalu Lintas Terusan Suez Normal

Halaman
1234
Penulis: Andari Wulan Nugrahani
Editor: Tiara Shelavie
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved