Breaking News:

Mulai Mei 2021 Bank Pos Jepang Sudah Bisa Melayani Pelayanan Hipotek Jangka Panjang

Bank Pos Jepang akan menangani "Flat 35", pinjaman hipotek tetap jangka panjang yang disediakan oleh Japan Housing Finance Agency.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Pintu kaca Markas Besar Kantor Pos Jepang di Tokyo. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Bank Pos Jepang atau Japan Post Bank akan menangani "Flat 35", pinjaman hipotek tetap jangka panjang yang disediakan oleh Japan Housing Finance Agency, mulai bulan Mei 2021.

"Ini adalah pertama kalinya kami meninjau hipotek, dan kami akan diminta untuk mengelola risiko di masa mendatang," ungkap sumber Tribunnews.com, Jumat (9/4/2021).

"Flat 35" adalah pinjaman hipotek yang ditangani oleh Japan Housing Finance Agency bekerja sama dengan lembaga keuangan swasta dan nasabah bisa mendapatkan pinjaman dengan suku bunga tetap hingga 35 tahun.

Japan Post Bank telah mengajukan permohonan kepada Badan Layanan Keuangan dan Kementerian Dalam Negeri dan Komunikasi untuk menangani hipotek tersebut dan disetujui kemarin.

Baca juga: Tes PCR Gratis di Bandara Haneda Jepang, Antisipasi Penyebaran Mutan Baru Virus Corona

Baca juga: Jepang Pastikan 36 Juta Lansia Selesai Vaksinasi Kedua Akhir Juni 2021

"Karena telah disetujui pihak otoritas, maka kami mulai bulan depan, berencana untuk mulai menerima pesanan di 41 dari 233 kantor yang dikelola langsung di Jepang. Ini adalah pertama kalinya Japan Post Bank memeriksa pinjaman sesuai dengan pedoman Japan Housing Finance Agency, dan sistem manajemen risiko akan dibutuhkan di masa depan," ujarnya.

Mengenai penanganan Flat 35 oleh Japan Post Bank, Asosiasi Bankir Jepang menyatakan keprihatinan bahwa memasukkan hipotek tanpa memastikan kondisi persaingan yang adil akan "menyebabkan tekanan pada sektor swasta."

Pihak perbankan Jepang khawatir karena suku bunga akan  lebih rendah daripada pihak bank dan aplikasi bisa lebih dilakukan di banyak tempat, fleksi, memudahkan masyarakat meminjam uang untuk cicilan pembelian rumahnya atau propertinya.

Japan Post Bank menanggapi keprihatinan tersebut.

Baca juga: Jepang Tidak Mensyaratkan Vaksinasi Covid-19 Bagi Peserta Olimpiade dan Ofisial

Baca juga: Kamar Mayat Penuh, Rumah Penginapan Tradisional Jepang Jadi Tempat Sementara Penyimpanan Jenazah

"Kami tidak menyangka akan mengganggu operasional lembaga keuangan swasta karena jumlah kantor yang melayani terbatas. Kami akan bekerja untuk memenuhi harapan masyarakat setempat dengan meningkatkan kenyamanan pelanggan terlebih dahulu."

Dengan masuknya Japan Post ke dalam dunia pinjam meminjam uang jual beli property diperkirakan persaingan akan semakin ketat di masa mendatang.

Sementara itu telah terbit buku baru "Rahasia Ninja di Jepang" berisi kehidupan nyata ninja asli di Jepang yang penuh misteri, mistik, ilmu beladiri luar biasa dan tak disangka adanya penguasaan ilmu hitam juga. informasi lebih lanjut ke: info@ninjaindonesia.com

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved