Breaking News:

Teheran Tolak Laporan Pejabat Iran Bertemu Direktur CIA di Baghdad

Presiden Iran Hassan Rouhani mengatakan AS tidak punya pilihan lain selain menghapus semua sanksi atas Iran.

wandabiz
UPDATE Konflik Iran vs Amerika: Iran Akan Ajukan Gugatan Internasional | Alasan Krisis Belum Mereda 

TRIBUNNEWS.COM, TEHERAN - Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran, Saeed Khatibzadeh, menolak laporan yang menyebut terjadi pertemuan diplomat Iran dan Direktur CIA di Baghdad.

Dikutip kantor berita FARS, Rabu (28/4/2021), Saeed Khatibzadeh menyebut laporan itu berita palsu dan contoh jurnalisme kuning.

Seorang analis American Enterprise Institute, Michael Rubin, mengklaim di situs web 19FortyFive, pejabat Iran telah bertemu Direktur CIA, William Burns di Baghdad.

Berdasarkan laporan media, Burns meninggalkan Baghdad beberapa hari sebelum kedatangan delegasi Iran, yang dipimpin Menlu Javad Zarif, untuk melakukan pembicaraan dengan para pemimpin Irak.

Seorang juru bicara CIA juga menolak laporan itu, dan menyebutnya kabar palsu. Zarif berangkat ke Irak dan Qatar untuk mengadakan pembicaraan dengan pejabat senior Irak dan Qatar tentang perkembangan regional terbaru.

Baca juga: Perahu Tempur Iran Potong Laju Kapal Perang AS di Teluk Persia

Dia mengadakan pertemuan terpisah dengan pejabat tertinggi Irak, termasuk presiden, perdana menteri, ketua parlemen dan mitranya.

Dalam konferensi pers dengan mitranya dari Irak Fuad Hussein di Baghdad pada Senin, Zarif meminta pemerintahan Presiden AS Joe Biden lebih bijaksana.

Ia meminta Washington kembali ke kesepakatan nuklir, serta menegaskan Teheran tidak mengadakan pembicaraan langsung dengan AS.

“Hari ini kami memiliki kesempatan untuk berbicara tentang pembicaraan nuklir antara Iran dan negara-negara G4 + 1 (empat anggota Dewan Keamanan PBB - China, Rusia, Inggris dan Prancis - plus Jerman),” kata Zarif.

“Tentu saja, Amerika ada di Wina dan kami tidak berbicara dengan AS. Tetapi kami telah melakukan pembicaraan yang sangat baik tentang implementasi kesepakatan nuklir,” imbuhnya.

Halaman
12
Editor: Setya Krisna Sumarga
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved