Breaking News:

Virus Corona

90 Orang di India Dilaporkan Meninggal akibat Infeksi Jamur Hitam setelah Sembuh dari Covid-19

Setidaknya 90 orang di India yang sembuh dari Covid-19 dilaporkan meninggal karena infeksi jamur hitam.

Narinder NANU / AFP
Anggota staf medis yang mengenakan APD membawa jenazah pasien Covid-19 di sebuah rumah sakit di Amritsar, India pada 24 April 2021. Setidaknya 90 orang di India yang sembuh dari Covid-19 dilaporkan meninggal karena infeksi jamur hitam. 

TRIBUNNEWS.COM - Setidaknya 90 orang di India yang sembuh dari Covid-19 dilaporkan meninggal karena infeksi jamur hitam.

Dilansir Mirror, sekitar 850 orang dirawat di rumah sakit dengan mukormikosis di negara bagian Maharashtra, India barat.

Pihak berwenang telah memperingatkan rumah sakit akan menerima 5.000 pasien selama beberapa bulan ke depan.

Mukormikosis, atau yang juga dikenal dengan infeksi jamur hitam, jarang terjadi sebelum gelombang virus corona kedua melanda India.

Infeksi jamur hitam hanya memengaruhi mereka yang sistem kekebalannya terganggu termasuk penderita diabetes atau orang dengan HIV atau AIDS.

Baca juga: 2 Negara Bagian India Deklarasikan Infeksi Jamur Hitam sebagai Epidemi

Baca juga: Pasien Diabetes, Kanker dan Ginjal Rawan Terinfeksi Jamur Hitam

ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis.
ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis. (CDC / DR LUCILLE GEORG / BSIP / BSIP via AFP)

Tanpa pengobatan dini, jamur hitam memiliki angka kematian 50%.

Para dokter bahkan terpaksa untuk mengangkat mata atau rahang pasien yang terinfeksi untuk menyelamatkan nyawanya.

Mukormikosis menyebabkan hidung menjadi hitam atau berubah warna, penglihatan kabur, nyeri dada, kesulitan bernapas dan batuk darah.

Dokter percaya bahwa penggunaan steroid untuk mengobati Covid-19 dapat menyebabkan infeksi karena obat tersebut mengurangi kekebalan dan menaikkan kadar gula.

Menteri Kesehatan Lav Agarwal mengatakan mukormikosis muncul sebagai tantangan baru bagi pasien virus corona yang menjalani terapi steroid serta mereka yang sudah menderita diabetes sebelumnya.

Halaman
1234
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved