Breaking News:

Virus Corona

2 Negara Bagian India Deklarasikan Infeksi Jamur Hitam sebagai Epidemi

Dua negara bagian di India, yaitu negara bagian barat laut Rajasthan dan negara bagian selatan Telangana, telah menyatakan jamur hitam sebagai epidemi

CDC / DR LUCILLE GEORG / BSIP / BSIP via AFP
ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis. 

TRIBUNNEWS.COM - India kini tengah berjuang menghadapi tidak hanya satu tetapi dua penyakit mematikan sekaligus, yaitu Covid-19 dan infeksi jamur hitam.

Kasus infeksi jamur hitam terus dilaporkan ditemukan di berbagai rumah sakit.

Dilansir Insider, dua negara bagian di India, yaitu negara bagian barat laut Rajasthan dan negara bagian selatan Telangana, telah menyatakan jamur hitam sebagai epidemi.

Artinya, semua kasus jamur hitam harus dicatat dan dilaporkan kepada pemerintah.

Jamur hitam - atau mukormikosis - adalah infeksi yang mengancam jiwa dengan tingkat kematian 50%.

Baca juga: Sejumlah Pasien Covid-19 di India Terinfeksi Jamur Hitam, Dapat Mengakibatkan Kebutaan

Baca juga: Jamur Hitam Ada Dalam Tubuh Pasien Covid-19 Di India, Bahayakah?

Semua jaringan yang terinfeksi harus diangkat agar pasien memiliki kesempatan untuk melawan.

Hal ini mengakibatkan beberapa pasien kehilangan mata atau sebagian jaringan hidungnya.

ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis.
ILUSTRASI Infeksi Jamur - Fotomikrograf memperlihatkan sporangium dewasa dari jamur Mucor sp. Mucor sp adalah jamur dalam ruangan yang umum, dan merupakan salah satu jamur penyebab kelompok infeksi yang dikenal sebagai zygomycosis. (CDC / DR LUCILLE GEORG / BSIP / BSIP via AFP)

Kemunculan epidemi ini membuat India harus menghadapi infeksi jamur dengan cepat, bahkan ketika kasus Covid-19 di negara itu melewati angka 25 juta.

Infeksi jamur hitam juga telah muncul pada penyintas Covid-19.

Dokter berspekulasi bahwa steroid, yang dianggap sebagai cara efektif untuk mengobati kasus COVID-19 yang parah di India, mungkin dapat menekan sistem kekebalan tubuh, sehingga membuat mereka yang mengalami gejala Covid yang parah lebih mungkin terinfeksi jamur hitam.

Halaman
123
Penulis: Tiara Shelavie
Editor: Gigih
Sumber: TribunSolo.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved