Breaking News:

Penanganan Covid

Juli 2021 Vaksinasi Covid-19 untuk Masyarakat Umum di Jepang, Pertengahan Juni Sudah Bisa Mendaftar

Orang yang berusia di bawah 59 tahun kemudian akan divaksinasi rencana mulai Juli 2021.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Vaksinasi tenaga medis di Meguro Tokyo,Jepang. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan (Kemenkes) Jepang meminta pemerintah daerah secara nasional mengirimkan kupon untuk vaksinasi kepada mereka yang berusia di bawah 64 tahun pada pertengahan bulan Juni 2021.

"Setelah dikirimkan kupon vaksinasi pertengahan Juni 2021, vaksinasi kalangan umum di bawah 64 tahun akan dilakukan rencananya mulai Juli 2021," papar pejabat pemerintah kepada Tribunnews.com, Jumat (28/5/2021).

Sebagai aturan umum, vaksin harus diberikan prioritas kepada pekerja medis, lansia berusia 65 tahun ke atas, orang dengan penyakit yang mendasari dan pekerja di fasilitas lansia, dan orang berusia 60 hingga 64 tahun.

Orang yang berusia di bawah 59 tahun kemudian akan divaksinasi rencana mulai Juli 2021.

"Beberapa tempat terutama yang berpenduduk sedikit bahkan kini telah melakukan vaksinasi bagi semua usia mulai 18 tahun ke atas. Syukurlah bisa lebih cepat dari rencana," tambahnya.

Baca juga: PSBB Jepang Untuk 9 Wilayah Diperpanjang Sampai 20 Juni 2021

Namun, pada sesi pembekalan untuk pemerintah daerah pada tanggal 25 Mei, Kementerian Kesehatan, Tenaga Kerja dan Kesejahteraan menyetujui bahwa meskipun vaksinasi lansia belum diselesaikan untuk kategori tertentu, orang lain akan divaksinasi secara berurutan sesuai dengan ketersediaan reservasi agar vaksin tidak mubazir.

Di Sumida-ku, Tokyo, pada tanggal 24 Mei, sekitar 30 persen lansia telah menyelesaikan vaksinasi pertama.

Wilayah itu akan mengirimkan kupon vaksinasi kepada sekitar 175.000 orang berusia 16 hingga 64 tahun pada tanggal 1 Juni 2021, agar status reservasi diharapkan dapat berlanjut dengan lancar.

Seorang wanita lanjut usia menerima satu dosis vaksin COVID-19 di Okayama pada 12 April 2021 ketika Jepang mulai program vaksinasi pada lansia
Seorang wanita lanjut usia menerima satu dosis vaksin COVID-19 di Okayama pada 12 April 2021 ketika Jepang mulai program vaksinasi pada lansia (STR / JIJI PRESS / AFP)

Ini akan diadakan dari tanggal 21 bulan depan untuk orang-orang dengan penyakit yang mendasari dan pekerja di fasilitas perawatan kunjungan rumah.

Dari 28 Juni 2021, 60-64 tahun, dari 6 Juli, 40-59 tahun, dan dari 20 Juli, 16-39 tahun tua, usia adalah targetnya.

Masih banyak pemerintah daerah lain yang masih melanjutkan prosedur pengiriman kupon vaksinasi kepada warga di bawah usia 59 tahun, dan penyuntikan kepada warga umum akan dimulai dengan sungguh-sungguh secara keseluruhan setelah Juli.

Sementara itu upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved