Breaking News:

Penanganan Covid

Hidup Berdesakan di Sel, Narapidana di Thailand Terancam Tertular Covid-19

Lebih dari 311 ribu narapidana berdesak-desakan di penjara di seluruh Thailand, dan membuat mereka rentan terpapar Covid-19

The Bangkok Post/Prasit Tangprasert
Warga mengantre untuk menjalani tes Covid-19 di Nakhon Ratchasima di Distrik Muang, Thailand, April 2021. 

TRIBUNNEWS.COM, BANGKOK – Lonjakan kasus positif Covid-19 terjadi di penjara Thailand baru-baru ini. Tahanan tak mempunyai pengetahuan untuk menjaga dir atau melakukan protocol kesehatan,  sementara sehari-hari mereka harus berdesak-desakan.

Kondisi penjara di Thailand menjadi sorotan ketika  lebih dari 22 ribu kasus positif Covid-19 terjadi di dalam penjara. 

Para tahanan harus berbagi ruangan, bahkan ruang mereka untuk tidur masih lebih kecil dibandingkan dengan peti mati. Dan mereka diharuskan mengenakan masker meskipun saat tidur.

Dalam situasi penjara dan kondisi medis saat ini, pihak berwenang telah menyatakan rencana membebaskan lebih dini para tahanan. Juga sedang disiapkan dana untuk melakukan serangkaian tes dan perawatan medis beberapa hari terakhir.

Meski pemerintah berusaha mencegah munculnya kluster penjara, namun para tahanan masih mempertanyakan keseriusan pemerintah .

Baca juga: Thailand Targetkan 70 Persen Warga Telah Divaksin pada September

"Narapidana tidak memiliki pengetahuan untuk melindungi diri sendiri," kata Somyot Prueksakasemsuk, seorang aktivis terkenal yang menghadapi dakwaan di bawah undang-undang pencemaran nama baik Kerajaan Thailand.

Somyot dibebaskan dengan jaminan bulan lalu. Ia mengatakan kepada AFP bahwa dia belum pernah sekalipun dites Covid-19 selama ia ditahan  10 minggu.

Dia tidak khawatir tertular penyakit itu selama di penjara karena dia tidak tahu tingkat risikonya.

"Namun sekarang, saya sangat takut (untuk semua orang yang masih di dalam),  jika Anda berada di dalam penjara, Anda berisiko, itu tidak bisa dihindari," katanya.

Virus Corona meroket di penjara Thailand sebulan lalu. Kekhawatiran kondisi semakin memburuk  muncul setelah sejumlah aktivis terkemuka ternyata tertular penyakit ini.

Baca juga: Di Thailand, Klaster Penjara Sumbang 6.853 Kasus Covid-19 pada Senin Kemarin

Halaman
123
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved