Breaking News:

Krisis Myanmar

Amerika Puji Kepemimpinan Indonesia Tangani Krisis di Myanmar

Ia berujar Indonesia menjadi negara yang ada di garis terdepan untuk mendorong Myanmar kembali ke jalurnya sebagai negara yang demokratis.

Tribunnews, Larasati Dyah Utami
Wakil Menteri Luar Negeri Indonesia (Wamenlu RI) Mahendra Siregar singgung persoalan Palestina saat menerima kunjungan dari Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Wamenlu AS) Wendy R. Sherman di kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Senin (31/5/2021). 

Laporan Wartawan Tribunnews, Larasati Dyah Utami

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Amerika melalui Wakil Menteri Luar Negeri Amerika Serikat (Wamenlu AS) Wendy R. Sherman memuji kepemimpinan Indonesia untuk menangani krisis di Myanmar.

Hal itu ia sampaikan usai melakukan pertemuan dengan Wamenlu Indonesia (RI) Mahendra Siregar di kantor Kementerian Luar Negeri Jakarta, Senin (31/5/2021).

Ia berujar Indonesia menjadi negara yang ada di garis terdepan untuk mendorong Myanmar kembali ke jalurnya sebagai negara yang demokratis.

"Indonesia berada di garis terdepan untuk mengakhiri kekerasan dan mendorong Myanmar kembali ke jalurnya. Menjadi negara dengan pemerintahan yang bermartabat," kata Sherman pada konferensi pers virtual langsung dari kantor Kemlu RI Jakarta, Senin (31/5/2021).

Sherman mengatakan Indonesia merupakan pemimpin ASEAN dan merupakan jangkar dari tata kelola hukum di Indo Pasifik.

Baca juga: Wamenlu RI Singgung Soal Palestina Saat Bertemu Wamenlu AS di Jakarta 

Sebagai negara populasi muslim terbesar di dunia dan negara demokrasi terbesar di dunia, menurutnya Indonesia adalah mercusuar toleransi agama, moralitas dan inklusifitas.

Wamenlu RI mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan update kepada Wamenlu Sherman mengenai langkah tindak lanjut dari Pertemuan tingkat ASEAN terkait Myanmar dan persiapan-persiapan terkait kunjungan Special Envoy ASEAN ke Myanmar.

Wamenlu Sherman juga berencana mengunjungi Sekretariat ASEAN di Jakarta untuk membahas kerja sama pengutan kemitraan AS - ASEAN, terutama untuk menangani konflik yang terjadi di Myanmar.

Kunjungan Wakil Sekretaris Sherman ke Jakarta merupakan rangkaian kunjungan kenegaraan yang dimulai sejak tanggal 25 Mei hingga 4 Juni, ke Brussel, Ankara, Jakarta, Phnom Penh, Bangkok, dan Honolulu.

Penulis: Larasati Dyah Utami
Editor: Malvyandie Haryadi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved