Breaking News:

Israel Serang Jalur Gaza

Mesir dan Israel Adakan Pertemuan Bahas Gencatan Senjata Permanen di Jalur Gaza

Menteri Luar Negeri Mesir bertemu Menteri Luar Negeri Israel guna menekankan perlunya membangun gencatan senjata permanen antara Israel dan Hamas.

Mohamed HOSSAM / AFP
Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (kanan) bertemu dengan mitranya dari Israel Gabi Ashkenazi (kiri) di Tahrir Palace di pusat ibu kota Kairo pada 30 Mei 2021. Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi mengunjungi Mesir untuk bertemu dengan mitranya di Kairo Sameh Shoukry untuk membahas pembentukan gencatan senjata permanen antara negara Yahudi dan penguasa Hamas Gaza, kata kementerian luar negeri. Setibanya di Kairo, Ashkenazi mentweet dalam bahasa Arab, Inggris dan Ibrani bahwa perjalanannya adalah "kunjungan resmi pertama FM Israel dalam 13 tahun". 

TRIBUNNEWS.COM - Menteri Luar Negeri Mesir bertemu Menteri Luar Negeri Israel guna menekankan perlunya membangun gencatan senjata permanen antara Israel dan Hamas, Minggu (30/5/2021).

Menteri Luar Negeri Mesir, Sameh Shoukry menegaskan dalam pertemuannya dengan Gabi Ashkenazi di Kairo, Mesir.

Melansir Al Jazeera, dalam pernyataan Kementerian Luar Negeri Mesir, dijelaskan bahwa perlu adanya kepekaan khusus terkait Yerusalem Timur, Masjid Al-Aqsa, dan semua situs suci Islam dan Kristen.

Pembicaraan dua petinggi tersebut berlangsung setelah gencatan senjata disetujui Israel-Hamas seusai serangan yang berlangsung 11 hari di Jalur Gaza.

Bulan lalu, ketegangan meningkat setelah pasukan keamanan Israel menyerbu kompleks Masjid Al-Aqsa di Yerusalem Timur yang diduduki.

Baca juga: Terseret Konflik Israel- Palestina, Disebut Danai Rudal, Atta Halilintar : Fitnah, Saya Cinta Damai

Baca juga: Massa Pro-Palestina di Washington Minta AS Hentikan Bantuan ke Israel hingga Ancam Lawan Politisi

Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (kanan) bertemu dengan mitranya dari Israel Gabi Ashkenazi (kiri) di Tahrir Palace di pusat ibu kota Kairo pada 30 Mei 2021. Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi mengunjungi Mesir untuk bertemu dengan mitranya di Kairo Sameh Shoukry untuk membahas pembentukan gencatan senjata permanen antara negara Yahudi dan penguasa Hamas Gaza, kata kementerian luar negeri. Setibanya di Kairo, Ashkenazi mentweet dalam bahasa Arab, Inggris dan Ibrani bahwa perjalanannya adalah
Menteri Luar Negeri Mesir Sameh Shoukry (kanan) bertemu dengan mitranya dari Israel Gabi Ashkenazi (kiri) di Tahrir Palace di pusat ibu kota Kairo pada 30 Mei 2021. Menteri Luar Negeri Israel Gabi Ashkenazi mengunjungi Mesir untuk bertemu dengan mitranya di Kairo Sameh Shoukry untuk membahas pembentukan gencatan senjata permanen antara negara Yahudi dan penguasa Hamas Gaza, kata kementerian luar negeri. Setibanya di Kairo, Ashkenazi mentweet dalam bahasa Arab, Inggris dan Ibrani bahwa perjalanannya adalah "kunjungan resmi pertama FM Israel dalam 13 tahun". (Mohamed HOSSAM / AFP)

Al Jazeera melaporkan, pasukan Israel melepaskan tembakan gas air mata dan peluru baja berlapis karet terhadap umat Muslim ketika merayakan hari-hari terakhir bulan suci Ramadan 2021 di kompleks Masjid Al-Aqsa.

Setelah mengeluarkan ultimatum yang menuntut Israel menghentikan serangannya terhadap masjid, situs tersuci ketiga Islam, Hamas menembakkan rentetan roket ke Israel.

Israel mengikuti dengan serangan yang menewaskan hampir 250 warga Palestina.

Mesir membantu menengahi gencatan senjata 21 Mei untuk menghentikan pertempuran terburuk dalam beberapa tahun antara Israel dan Hamas.

Mereka juga bekerja dengan Amerika Serikat dan mitra regional untuk memperluasnya menjadi gencatan senjata yang lebih permanen.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved