Breaking News:

Politik Israel

SOSOK Naftali Bennett: Dari Kawan Jadi Lawan Netanyahu, Keras Terhadap Palestina

Naftali Bennet menjadi Perdana Menteri Israel, menggantikan Benjamin Netanyahu yang mantan mentor sekarang menjadi lawannya

zoom-inlihat foto SOSOK Naftali Bennett: Dari Kawan Jadi Lawan Netanyahu, Keras Terhadap Palestina
timesofisrael
Naftali dan anaknya

TRIBUNNEWS.COM – Israel mempunya perdana menteri baru, Naftali Bennett. Tokoh sayap kanan ini sudah tak asing bagi public Israel. Ia pernah mengisi bebeapa posisi kementerian di kabinetnya Benjamin Netanyahu.

Namun beberapa tahun belakangan, ia berseberangan dan membentuk koalisi baru bersama Yair Lapid.

Bennett dikenal sebagai politisi dengan retorika sayap kanan dan nasionalis relijius.

Sepanjang karir politik pria berusia 49 tahun ini, ia memberi dukungan bagi sayap kanan. Dengan memimpin Partai Yamina, Bennett menyerukan Israel untuk menjadikan seluruh kawasan Tepi Barat sebagai daerah pendudukan.

Putra dari imigran Amerika ini tadinya sangat dekat dengan Netanyahu.

Baca juga: Naftali Bennett Dilantik Jadi Perdana Menteri Israel, Netanyahu Bertekad Menggulingkan

Saking dekatnya, ia menamai putra sulungnya dengan nama saudara Netanyahu, Yoni, yang tewas saat penyelamatan pesawat Israel yang dibajak di Bandaera Entebbe, Uganda, pada 1978.

Hubungan Bennett dengan mentornya, Netanyahu, memang tidak selalu mulus. Ia menjadi penasihat senior sebelum akhirnya memisahkan diri.

Seorang politisi hebat yang kental dengan kontroversi, Bennett sangat liberal dalam bidang ekonomi dan mengambil garis agresif terhadap Iran.

Dia mempunyai ideologi yang sama Netanyahu, dan sempat menjabat di sejumlah tugas di pemerintahan pemimpin Likud. Namun, dalam beberapa tahun terakhir, Bennett dan Netanyahu menjadi berlawanan.

Bennet, yang mantan komando pasukan khusus, lahir dari orang tua yang kelahiran AS. Kini Bennet tinggal bersama istrinya Galit dan empat anaknya di kawasan pinggiran Raanana.

Halaman
1234
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved