Breaking News:

Penanganan Covid

17 Juni SDF Jepang Buka Pendaftaran Vaksinasi Covid-19 untuk Usia 18 - 64 Tahun

Kementerian Pertahanan akan mengadakan pertemuan di markas respon pada tanggal 15 Juni untuk secara resmi memutuskan perluasan usia target vaksinasi.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Ilustrasi manga vaksinasi. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Kementerian Pertahanan dan SDF (pasukan bela diri Jepang) membuka pendaftaran vaksinasi Covid-19 untuk usia 18 tahun hingga 64 tahun mulai 17 Juni mendatang.

"Pendaftaran harus punya kupon vaksinasi dari pemerintah daerah masing-masing," papar sumber Tribunnews.com di SDF, Selasa (15/6/2021).

Setelah memiliki kupon vaksinasi, bisa daftar lewat telepon baik di Tokyo maupun di Osaka.

"Vaksin yang akan diberikan adalah Moderna untuk vaksinasi massal SDF di Tokyo dan Osaka," tambahnya.

Pusat vaksinasi skala besar yang didirikan oleh pemerintah untuk orang tua berusia 65 tahun ke atas, tetapi ada banyak lowongan untuk reservasi hingga 27 Juni, dan Kementerian Pertahanan Jepang berusaha mempercepat vaksinasi dengan mulai membuka pendaftaran bagi usia di bawah 65 tahun ke bawah mulai 17 Juni mendatang.

Pada malam tanggal 14 Juni 2021 ada sekitar 130.000 slot reservasi kosong di Tokyo dan Osaka, sehingga Kementerian Pertahanan telah memperluas usia target secara signifikan agar tidak menyia-nyiakan kapasitas inokulasi untuk menyuntik orang berusia 18 hingga 64 tahun.

Seperti halnya warga lanjut usia saat ini, upaya SDF bersifat nasional dan mengharuskan anggota masyarakat memiliki tiket vaksinasi yang dikirim oleh pemerintah setempat.

Namun, karena target usia vaksin Moderna yang digunakan di pusat inokulasi skala besar adalah 18 tahun ke atas, mereka yang berusia di bawah 18 tahun tidak memenuhi syarat meskipun memiliki tiket (kupon) inokulasi.

Baca juga: Ahli Penyakit Menular Jepang Ungkap Vaksinasi Covid-19 Sebaiknya Dilakukan Setiap Tahun

Kementerian Pertahanan akan mengadakan pertemuan di markas respon pada tanggal 15 Juni ini untuk secara resmi memutuskan perluasan usia target vaksinasi.

Khusus untuk daerah Katsushika-ku Tokyo pengiriman kupon vaksinasi bagi usia 18-65 tahun akan dilakukan mulai 23 Juni 2021.

Biasanya memakan satu dua hari lewat pos, sehingga 25 Juni sudah mulai bisa mendaftar ke berbagai rumah sakit yang teregistrasi melakukan vaksinasi, atau pendaftaran ke SDF.

Vaksinasi lewat berbagai klinik dan atau rumah sakit umum memnggunakan vaksin Pfizer, sedangkan vaksinasi dilakukan SDF menggunakan vaksin Moderna.

Nomor telepon untuk reservasi di pusat inokulasi skala besar milik pemerintah adalah 0570-056-730 untuk lokasi Tokyo dan 0570-080-770 untuk lokasi Osaka.

Sementara itu beasiswa dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif melalui aplikasi zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved