Breaking News:

Penanganan Covid

Ahli Penyakit Menular Jepang Ungkap Vaksinasi Covid-19 Sebaiknya Dilakukan Setiap Tahun

Setelah vaksinasi dosis kedua, sekitar 8-12 bulan kemudian kalau bisa divaksinasi lagi untuk menjaga kekebalan tubuh tetap baik.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
CEO Pfizer, Albert Bourla. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Doktor Ahli Penyakit Menular Universitas Kedokteran Jepang, Yoshihiro Kitamura, menekankan perlunya vaksinasi Covid-19 dilakukan setiap tahun selama 3 tahun.

"Keampuhan vaksin terutama Pfizer memang bagus, tetapi belum 100 persen, masih 90-an persen. Jadi perlu divaksinasi lagi setiap tahun selama 3 tahun mendatang. Itu yang terbaik," papar Kitamura, Selasa (15/6/2021).

Belum lama ini CEO Pfizer Albert Bourla juga menyarankan bahwa setelah vaksinasi dosis kedua, sekitar 8-12 bulan kemudian kalau bisa divaksinasi lagi untuk menjaga kekebalan tubuh tetap baik.

"CEO Pfizer memang pintar sekali marketingnya. Tetapi memang benar apa yang dia katakan. Setelah vaksinasi kedua perlu untuk vaksinasi lagi setiap tahunnya, kalau bisa sampai tiga tahun mendatang berturut-turut," tambah Kitamura.

Selain itu juga dibutuhkan persiapan obat-obatan untuk mengantisipasi jika jatuh sakit walaupun telah divaksinasi covid-19.

Baca juga: Wapres Tinjau Pemberian Vaksin di Tangsel dan Tangerang: Targetkan 1 Juta Vaksinasi per Hari

"Sama seperti flu, terkadang kita jatuh sakit lagi, makanya perlu minum obat anti flu juga nantinya," ungkapnya lebih lanjut.

Oleh karena itu meskipun kita telah divaksinasi dua kali, diharapkannya masyarakat tetap harus menjalankan protokol kesehatan dengan baik.

"Tetap gunakan masker meskipun kita telah divaksinasi, itu mungkin bagus untuk memproteksi diri kita dari serangan virus," kata dia.

Juga selalau mencuci tangan dan menghindari kerumunan agar tak terinfeksi virus corona.

Sementara itu beasiswa dan upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif dengan melalui zoom terus dilakukan bagi warga Indonesia secara aktif dengan target belajar ke sekolah di Jepang nantinya. Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved