Breaking News:

Presiden Putin dan Biden Bertemu di Jenewa

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden  Rusia Vladimir Putin untuk pertama kalinya bertemu di Jenewa pada  Rabu (16/6/2021).

Anadolu Agency
Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden Rusia Vladimir Putin untuk pertama kalinya bertemu di Jenewa pada Rabu (16/6/2021). 

TRIBUNNEWS.COM, JENEW -  Semua mata di dunia sedang tertuju di Jenewa, Swiss.

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden dan Presiden  Rusia Vladimir Putin untuk pertama kalinya bertemu di Jenewa pada  Rabu (16/6/2021).

Ini adalah pertemuan dan pembicaraan tatap muka pertama mereka sejak Biden menjabat sebagai presiden AS pada Januari lalu.

Putin tiba dengan pesawat dari Moskow sekitar satu jam sebelum jadwal dimulainya pembicaraan, yang sedang berlangsung di sebuah vila abad ke-18 di tengah ketegangan antara dua kekuatan dunia tersebut.

Kedua pemimpin membawa serta menteri luar negeri dan menteri negara masing-masing.

Keamanan ketat di kota terbesar kedua di Swiss, yang dikelilingi oleh pegunungan Alpen dan Jura dan menjadi markas besar Eropa untuk PBB, bersama dengan beberapa badan PBB seperti Organisasi Kesehatan Dunia dan Organisasi Perdagangan Dunia.

Baca juga: Jelang Pertemuan Biden-Putin, Ini 3 Hal yang Diharapkan Gedung Putih

Pembicaraan ini diharapkan berfokus pada hal-hal seperti kontrol senjata, keamanan siber, kekhawatiran AS atas perlakuan Rusia terhadap lawan politik dan campur tangan pemilu, dan situasi di Ukraina, di mana pasukan yang didukung Rusia berjuang di timur negara itu.

Putin bertemu Presiden Swiss Guy Parmelin sesaat sebelum pembicaraan.

Setelah tiba di negara yang terkenal netral pada hari Selasa, Biden mengadakan pertemuan selama 30 menit tentang isu-isu bilateral seperti penanganan Swiss terhadap hubungan diplomatik AS dengan Iran.

Surat kabar Swiss  Le Temps berbahasa Prancis mengangkat berita utama, "Hari ketika mata seluruh dunia berada di Jenewa."

Halaman
123
Penulis: Srihandriatmo Malau
Editor: Hasanudin Aco
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved