Breaking News:

Penanganan Covid

JICA Jepang Terbitkan Manga 'Mengapa Cuci Tangan Penting' Versi Bahasa Indonesia

Manga memperkenalkan langkah-langkah pencegahan terhadap virus corona dengan cara yang mudah dipahami menyebar ke seluruh dunia.

Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Sebuah kartun dari Jepang dalam bahasa Inggris mengenai pentingnya cuci tangan. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Badan Kerjasama Internasional Jepang (JICA) menerbitkan manga (komik) yang bertema "Mengapa Cuci Tangan Penting" dalam Bahasa Indonesia dan bahasa negara lainnya.

"Manga tersebut diterbitkan dalam 28 bahasa asing, salah satunya dalam bahasa Indonesia," papar Takada, seorang eksekutif JICA kepada Tribunnews.com, Jumat (25/6/2021).

Manga memperkenalkan langkah-langkah pencegahan terhadap virus corona dengan cara yang mudah dipahami menyebar ke seluruh dunia, terutama di negara-negara berkembang.

Dibuat oleh Japan International Cooperation Agency (JICA) berdasarkan situasi lokal dengan kerja sama Kimidori Inoue, seorang seniman manga yang tinggal di Kota Sendai.

Dalam pencerahan corona, banyak "versi praktis" yang hanya menampilkan cara mencuci tangan, tetapi versi manganya jarang.

Kemudian dimulai dengan diam-diam sebagai bagian dari "Kampanye Cuci Tangan untuk Kesehatan dan Kehidupan" yang dimulai JICA pada bulan September tahun lalu, dan menerima tanggapan positif lebih dari yang diharapkan dan diterjemahkan ke dalam 28 bahasa dan dialek pada tanggal 31 Maret 2021.

Berkembang ke 36 Negara/Wilayah

Anak-anak tertarik dengan manga, yang merupakan keahlian Jepang di setiap negara, dan mempelajari dasar-dasar pencegahan corona dan kesehatan masyarakat sambil bersenang-senang.

Jika Anda makan makanan tanpa mencuci tangan, Anda bisa sakit. Dibuatlah kartun dengan episode yang mudah dikenal dan serukan "mengapa Anda perlu mencuci tangan".

Sebuah kartun dari Jepang dalam bahasa Inggris mengenai pentingnya cuci tangan.
Sebuah kartun dari Jepang dalam bahasa Inggris mengenai pentingnya cuci tangan. (Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo)
Halaman
12
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved