Breaking News:

2 WNI Terkait Kasus Narkoba Divonis Bebas Pengadilan Tinggi Jepang

Dua wanita warga negara Indonesia (WNI) di Jepang, berinisial A dan I, divonis bebas dalam perkara dugaan penyeludupan

KBRI Tokyo
2 orang WNI berinisial A dan I yang divonis bebas Pengadilan Tinggi Tokyo Jepang atas tuduhan kasus penyelundupan narkoba, berfoto bersama Kepala Bidang Protokol dan Konsuler KBRI Tokyo Ali Sucipto dan Sekretaris Pertama Protokol dan Konsuler Emilia H Elisa. 

Laporan wartawan Tribunnews.com, Lusius Genik

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Dua wanita warga negara Indonesia (WNI) di Jepang, berinisial A dan I, divonis bebas dalam perkara dugaan penyeludupan narkoba jenis methamphetamine.

Putusan tersebut dibuat oleh Panel Hakim Pengadilan Tinggi Tokyo pada Selasa, 13 Juli 2021.

Demikian disampaikan Duta Besar Republik Indonesia (Dubes RI) untuk Jepang Heri Akhmadi dalam keterangannya kepada Tribunnews.com, Sabtu (17/7/2021).

"Panel Hakim Pengadilan Tinggi Tokyo, pada Selasa, memvonis bebas 2 orang WNI berinisial A dan I atas tuduhan secara sengaja menyelundupkan narkoba jenis methamphetamine untuk kepentingan bisnis secara ilegal ke Jepang pada 2019 lalu," ujar Heri Akhmadi.

Heri menceritakan, pada sidang pengadilan tingkat pertama, A dan I divonis bersalah dan dihukum 6 tahun penjara serta denda masing-masing 2 juta yen.

Baca juga: Ngaku Menyesal, Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie Ingatkan Masyarakat untuk Tak Coba Narkoba

Keputusan itu berdasar atas pelanggaran Japan Customs Law Pasal 109 dan Pasal 69, Japan Stimulant Drug Control Act Pasal 41 Ayat 2 dan Japan Penal Code Pasal 60.

Sejak putusan tersebut, Tim Perlindungan WNI Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo, bersama tim pengacara, selama 2 tahun memberikan pendampingan dan bantuan hukum bagi A dan I hingga keduanya bebas dari jeratan hukum.

"Pada kasus A dan I, KBRI Tokyo terus mendampingi keduanya menunggu selama 1 tahun lebih untuk disidangkan pada tahun 2020 dan menunggu selama 8 bulan untuk sidang naik banding," kata Heri.

Baca juga: Selebgram Jessica Forrester Ditangkap karena Narkoba, Terancam Hukuman hingga 12 Tahun Penjara

"Saya gembira atas vonis bebas 2 WNI kita. Terima kasih kepada pihak Pengadilan Tinggi Tokyo yang kembali menyidangkan kasus ini ditingkat banding. Perlindungan WNI di Jepang akan terus menjadi prioritas penting misi saya di Jepang," sambung dia.

Halaman
12
Penulis: Lusius Genik Ndau Lendong
Editor: Hendra Gunawan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved