Breaking News:

Penanganan Covid

Pakar AS: Situasi di Amerika Serikat Bakal Lebih Buruk dan Menyengsarakan Akibat Lonjakan Covid-19

Dr Anthony Fauci mengingatkan Amerika Serikat akan mengalami situasi lebih buruk dan menyengsarakan jika terjadi lonjakan kasus Covid-19

MANDEL NGAN / AFP
Direktur Institut Nasional Alergi dan Penyakit Menular Anthony Fauci berbicara selama briefing harian di Brady Briefing Room Gedung Putih di Washington, DC pada 21 Januari 2021. 

TRIBUNNEWS.COM – Pakar penyakit menular terkemuka di Amerika Serikat, Dr Anthony Fauci, memperingatkan bahwa Amerika akan mengalami situasi yang lebih buruk dan menyengsarakan akibat lonjakan kasus Covid-19, terutama di daerah yang sebagian besar penduduknya belum divaksin.

 Dalam sebuah wawancara dengan program This Week ABC pada hari Minggu (1/8/2021), Anthony Fauci mengatakan lonjakan kasus pada warga yang tidak divaksin telah meningkatkan kasus baru mingguan Covid-19 di AS.

"Segalanya akan menjadi lebih buruk jika Anda melihat percepatan jumlah kasus, rata-rata mingguan telah naik secara substansial," kata Fauci, menjelaskan bahwa sekitar 100 juta orang yang memenuhi syarat untuk vaksinasi Covid-19 ternyata belum divaksin.

“Kami melihat beberapa rasa sakit dan penderitaan di masa depan karena kasus-kasus naik,” katanya.

“Itulah alasan mengapa kami terus mengatakan berulang-ulang, sekali lagi, solusi untuk ini adalah divaksinasi, tapi itu tidak akan terjadi,” katanya.

Baca juga: Pengunjuk Rasa di New York Minta Biden Pecat Fauci, Ini Alasannya

 

Data Johns Hopins menunjukkan, Amerika Serikat terus memimpin dunia dengan 34.984.164 total kasus infeksi dan 613.172 kematian sejak awal pandemic.

Pada hari Sabtu (1/8/2021), CDC melaporkan peningkatan 101.171 kasus dan 451 kematian.

Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS  juga melaporkan bahwa 82,2 persen infeksi yang dilaporkan dari 4-17 Juli disebabkan oleh varian Delta.

Fauci mengutip CDC yang mencatat bahwa rata-rata kasus mingguan Covid-19 telah naik secara substansial menjadi 72.493 pada hari Jumat (31/7/2021).

Amerika Serikat tidak mengalami masalah pengadaan vaksin Covid-19 karena tersedia di seluruh negeri. Dan CDC  mencatat 60,4 persen warga dewasa  telah menjalani vaksinasi penuh.

Baca juga: Gedung Putih Halangi Ahli Penyakit Top, Anthony Fauci untuk Bersaksi di Sidang DPR Perihal Corona

Baca juga: Dr Anthony Fauci Sebut Terlalu Cepat Buka Perekonomian AS Bisa Jadi Bumerang

Halaman
12
Editor: hasanah samhudi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved