Breaking News:

Itaru Nakamura Jadi Kepala Kepolisian Nasional Jepang Yang Baru Mulai 22 September

Kepala polisi Tokyo yang baru akan menjabat mulai Kamis (16/9/2021) dan kepala NPA yang baru, badan pusat sistem kepolisian Jepang, pada 22 September

Foto Badan Kepolisian Nasional Jepang
Itaru Nakamura Kepala Badan kepolisian nasional Jepang yang baru 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Pemerintah Jepang pada Selasa (14/9/2021) menunjuk Itaru Nakamura sebagai kepala Badan Kepolisian Nasional Jepang (NPA) yang baru dan Yoshihiko Oishi sebagai kepala Departemen Kepolisian Metropolitan Tokyo (MPD).

Penunjukan itu disetujui pada rapat kabinet hari Selasa ini (14/9/2021).

Kepala polisi Tokyo yang baru akan menjabat mulai Kamis (16/9/2021) dan kepala NPA yang baru, badan pusat sistem kepolisian Jepang, pada 22 September mendatang.

Mitsuhiro Matsumoto, 60, kepala NPA saat ini, dan Minoru Saito, 59, kepala MPD yang sedang menjabat, akan pensiun.

Nakamura, 58, yang akan menjadi komisaris jenderal ke-29 NPA, saat ini menjabat sebagai wakil komisaris jenderal badan tersebut.

Memiliki pengalaman panjang dalam investigasi kriminal, Nakamura yang berasal dari Fukuoka, telah bertugas di pos termasuk kepala biro investigasi kriminal polisi Tokyo.

Nakamura bergabung di Badan Kepolisian Nasional pada tahun 1986, dan bekerja terutama di departemen investigasi kasus dan penanggulangan kejahatan terorganisir, seperti Kepala Divisi Investigasi 2 Departemen Kepolisian Metropolitan dan Kepala Departemen Kriminal.

Dari 2009 hingga 2015, ia menjadi Sekretaris Kepala Sekretaris Kabinet selama total sekitar lima setengah tahun di pemerintahan Partai Demokrat dan Liberal Demokrat (LDP).

Badan Kepolisian Nasional berencana untuk mendirikan "stasiun dunia maya" baru tahun depan, dan masalah seperti menanggapi serangan dunia maya yang semakin serius dan kerjasama dengan organisasi luar negeri akan menjadi fokus utama.

Selain mengarahkan langkah-langkah keamanan dan anti-terorisme skala besar di Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, Mr.  Matsumoto juga berfokus pada langkah-langkah keselamatan lalu lintas seperti hukuman yang lebih ketat untuk orang yang berkendaraan zig-zag (aori unten).

Pengangkatan para pemimpin kepolisian berdasarkan prestasi dan karier mereka masing-masing.

Nakamura,  menjadi sekretaris ketika PM Suga menjadi Sekretaris Kabinet di masa lalu.

Dia sepenuhnya memenuhi tugasnya dalam keamanan Olimpiade dan Paralimpiade Tokyo, dan disetujui dengan keputusan kabinet bahwa ia akan diangkat sebagai Kepala NPA berdasarkan berbagai prestasi dalam administrasi kepolisian.

"Kami percaya bahwa Nakamura akan dapat memenuhi tanggung jawab  untuk melindungi kehidupan rakyat, seperti menanggapi situasi," papar Sekretaris Kabinet Katsunobu Kato Selasa (14/9/2021).

Editor: Johnson Simanjuntak
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved