Breaking News:

Persaingan Pemilihan Presiden LDP Jepang Makin Sengit, Terutama Kishida, Kono dan Takaichi

Mantan ketua politik Partai Liberal Demokrat (LDP), Fumio Kishida (64) selangkah lebih maju dalam pemungutan suara parlemen.

Richard Susilo
Mantan menteri luar negeri Jepang Fumio Kishida calom Presiden partai demokrat liberal (LDP) 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Terkait situasi pemilihan presiden LDP pada tanggal 29 September mendatang, Jiji Press menyelidiki tren dukungan anggota partai di tahap akhir.

Ternyata mantan ketua politik Partai Liberal Demokrat (LDP) yang juga mantan menlu Jepang, Fumio Kishida (64) selangkah lebih maju dalam pemungutan suara parlemen (bukan tingkat popularitas).

Sementara Taro Kono, Menteri Negara Reformasi Regulasi (58), masih berusaha mengejarnya.

Mantan Menteri Dalam Negeri dan Komunikasi Sanae Takaichi (60) menindaklanjuti dengan agresif pula.

Penjabat Sekretaris Jenderal Seiko Noda (61) belum mendapatkan dukungan luas.

Total suara termasuk anggota partai dan suara teman partai tidak mencapai mayoritas, dan pemilihan presiden kemungkinan akan melibatkan suara akhir oleh dua orang teratas.

Survei dilakukan pada tanggal 25 September dengan mendengar langsung. Sekitar 15 persen anggota parlemen belum mengungkapkan sikap mereka, dan situasinya masih fluktuatif.

Baca juga: Suami Kandidat Presiden LDP Jepang Seiko Noda Ternyata Mantan Anggota Yakuza

Dengan suara anggota (382 suara, satu berkurang karena ada yang baru meninggal), Kishida merangkum faksi Kishida (46 orang) yang dipimpinnya.

Selain itu, telah merambah terutama di kalangan veteran faksi Hosoda (96 orang), faksi Aso (53 orang), dan mantan faksi Takeshita (51 orang) dan anggota Dewan Penasihat, dan jumlah anggota yang mendukungnya telah mencapai tingkat 30 persen.

Halaman
123
Editor: Dewi Agustina
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved