Breaking News:

Virus Corona

AS Naikkan Level Travel Warning Covid-19 untuk Singapura dan Hong Kong

AS pada Senin lalu telah menaikkan level peringatan perjalanan (travel warning) virus corona (Covid-19) untuk Singapura dan Hong Kong

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Sanusi
Shutterstock
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, WASHINGTON - Amerika Serikat (AS) pada Senin lalu telah menaikkan level peringatan perjalanan (travel warning) virus corona (Covid-19) untuk Singapura dan Hong Kong, serta meminta mereka yang belum divaksinasi untuk menghentikan perjalanan yang tidak penting.

Dikutip dari laman Channel News Asia, Rabu (29/9/2021), Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) AS menyesuaikan peringatannya untuk Singapura dengan peningkatan ke Level 3, ini mengindikasikan 'level tinggi Covid-19'.

Baca juga: Pemerintah Siapkan Sanksi Tegas Jika Mal dan Kantor Abai Prokes Covid-19

"Melihat situasi yang terjadi saat ini di Singapura, semua pelancong kemungkinan berisiko terinfeksi dan menyebarkan varian Covid-19," kata CDC AS.

Lembaga tersebut pun merekomendasikan agar warga AS yang hendak bepergian ke Singapura untuk divaksinasi secara penuh sebelum melancong.

Baca juga: Pemerintah Pastikan Gelaran PON XX Papua di Zona Aman Covid-19

Mereka juga harus mengikuti rekomendasi atau persyaratan negara, termasuk mengenakan masker dan mematuhi langkah-langkah protokol kesehatan seperti menjaga jarak yang aman.

Perlu diketahui, Kementerian Luar Negeri AS telah mengeluarkan pemberitahuan serupa pada hari Senin lalu dan meminta semua warga AS yang akan bepergian ke Singapura untuk 'mempertimbangkan kembali rencana perjalanannya' karena kasus Covid-19 sedang tinggi di negara itu.

Sistem tier 4 yang diberlakukan oleh CDC ini mengkategorikan tujuan dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti jumlah temuan kasus Covid-19 baru-baru ini serta lintasan kasus barunya.

Destinasi lain yang saat ini berada di Level 3 termasuk Australia, Jerman, Indonesia, Jepang dan Filipina.

Baca juga: Singapura Sumbangkan 120 Ribu Lebih Dosis Vaksin Covid-19 AstraZeneca ke Batam

Ini tepat di bawah kategorisasi Level 4 tertinggi CDC yang menyarankan individu untuk menghindari perjalanan ke 'suatu negara' karena jumlah kasus Covid-19 yang 'sangat tinggi'.

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved