Breaking News:
Deutsche Welle

Partai Penguasa di Jepang Pilih Fumio Kishida Gantikan PM Yoshihide Suga

Fumio Kishida terpilih sebagai pemimpin baru Partai Demokrat Liberal (LDP) dalam pemungutan suara pada Rabu (29/09). Kishida akan…

Partai Demokrat Liberal (LDP) yang merupakan partai penguasa di Jepang telah melangsungkan pemungutan suara pada Rabu (29/09) untuk memilih pimpinan baru. Hasilnya, Fumio Kishida terpilih sebagai pemenang. Kishida hampir pasti akan menjadi perdana menteri Jepang berikutnya.

Pemungutan suara ini dilakukan untuk menggantikan Yoshihide Suga yang telah mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri dari posisi kepemimpinan partai, setelah menuai kritik keras atas penanganan pandemi selama pelaksanaan Olimpiade.

Kishida masih harus mendapat persetujuan di parlemen dalam beberapa hari ke depan, namun ia dipastikan akan berlaga dalam pemilihan umum Jepang sebagai pemimpin baru LDP pada November mendatang. LDP diperkirakan masih akan terus mempertahankan kursi mayoritasnya di majelis rendah parlemen dalam pemilihan umum mendatang.

Pemilihan pimpinan baru partai penguasa itu banyak disorot karena beberapa hal. Selain karena ketatnya persaingan antara dua kandidat utama, juga karena dua politisi perempuan ikut membidik kursi kepemimpinan partai.

Belum pernah dalam sejarah, Jepang dipimpin oleh perdana menteri perempuan. Tokoh politik terkemuka dari kalangan perempuan juga masih sedikit di Jepang.

Siapa Fumio Kishida?

Kishida berasal dari keluarga politisi di Hiroshima. Ia pernah menjabat sebagai menteri luar negeri dan telah lama mengincar posisi puncak LDP. Ini merupakan kali kedua Kishida mencalonkan diri sebagai pemimpin partai. Pada pencalonan pertama tahun lalu, ia kalah dari Suga.

Dalam pemungutan suara putaran pertama, Kishida awalnya menang tipis dari pesaingnya, Taro Kono. Kishida meraih 256 suara, sementara Kono meraih 255 suara. Namun di putaran kedua, Kishida berhasil mengunci kemenangan meyakinkan dengan perolehan sebanyak 257 suara. Kono harus mengaku kalah dengan raihan 170 suara.

Kemenangan Kishida di putaran kedua memang tidak mengagetkan. Pasalnya, Kishida mendapat dukungan lebih besar dari para anggota partai.

Kishida diyakini akan melanjutkan kebijakan pemerintahan Suga. Untuk jangka pendek, Kishida akan menghadapi tugas berat, yaitu menghidupkan kembali ekonomi yang terpuruk akibat pandemi, serta menghadapi risiko keamanan di Kawasan terutama dari Cina dan Korea Utara.

Siapa saja yang sebelumnya bersaing?

Halaman
12
Sumber: Deutsche Welle
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved