Breaking News:

Perusahaan Pemasok Bensin Bakal Dapat Subsidi dari Pemerintah Jepang

Jika harga bensin meningkat mencapai 170 yen per liter maka pemerintah akan mensubsidi 5 yen per liter bagi perusahaan pemasok bensin tersebut.

Editor: Dewi Agustina
Koresponden Tribunnews.com/Richard Susilo
Antrean mobil di pompa bensin Setagayaku, Tokyo, Jepang, Jumat (19/11/2021). 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang telah memutuskan untuk memberikan subsidi bagi pemasok bensin di Jepang.

Jika harga bensin meningkat mencapai 170 yen per liter maka pemerintah akan mensubsidi 5 yen per liter bagi perusahaan pemasok bensin tersebut.

"Kita sudah anggarkan tinggal disetujui dalam sidang parlemen nantinya, subsidi 5 yen bagi perusahaan pemasok bensin apabila harga bensin mencapai 170 yen per liter di Jepang," papar sumber Tribunnews.com, Jumat (19/11/2021).

Saat ini harga bensin sekitar 160-an yen per liter bahkan sempat mencapai 168 yen per liter akibat harga minyak meningkat di dunia.

Subsidi tersebut telah dimasukkan ke dalam anggaran tambahan sekitar 55 triliun yen (selain untuk penanganan virus corona dan pendidikan serta lainnya) yang dibuat pemerintahan PM Fumio Kishida untuk tambahan anggaran yang akan dibahas parlemen dalam waktu dekat.

Pemerintah Jepang juga sedang mempertimbangkan untuk melepaskan stok minyak nasional sebagai tanggapan atas melonjaknya harga minyak mentah.

Baca juga: Presiden Mizuho Bank Jepang Diperkirakan akan Mengundurkan Diri

Tujuannya adalah untuk sementara meningkatkan pasokan dan mengamankan sumber daya keuangan untuk mengekang harga bensin melalui penjualan. Ada rencana untuk menurunkan target jumlah stok yang ditetapkan undang-undang.

Bukan hanya bensin, melonjaknya harga energi di seluruh dunia, mempengaruhi biaya utilitas.

Penimbunan minyak meliputi penimbunan nasional yang dimiliki oleh pemerintah dan penimbunan swasta yang diwajibkan oleh undang-undang untuk perusahaan minyak.

Halaman
123
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved