Tentara Vietnam di Akademi Pertahanan Nasional Jepang Ditangkap Pinjamkan KTP Buat Cari Uang

Seorang tentara Vietnam yang belajar di Akademi Pertahanan Nasional ditangkap polisi Jepang karena dicurigai memberikan kartu tempat tinggal (Zairyu

Foto Richard Susilo
Do Twan Gia, seorang anggota Angkatan Darat Rakyat Vietnam berusia 23 tahun 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO -  Seorang tentara Vietnam yang belajar di Akademi Pertahanan Nasional ditangkap polisi Jepang karena dicurigai memberikan kartu tempat tinggal (Zairyu Cardnya atau KTP Jepang) kepada seorang pria Vietnam.

Kartu tempat tinggal itu diyakini telah digunakan oleh kelompok kriminal di Jepang khususnya kelompok kriminal Vietnam di Jepang untuk membeli ponsel.

"KTP nya dipinjamkan kepada temannya untuk cari uang diakui oleh tersangka sendiri," ungkap sumber Tribunnews.com Jumat (21/1/2022).

Pada tahun 2021, Do Twan Gia, seorang anggota Angkatan Darat Rakyat Vietnam berusia 23 tahun, yang berada di tahun ketiga Akademi Pertahanan Nasional Jepang, menggunakan iklan di media sosial menuliskan, "Jika Anda ingin mendaftar untuk ponsel , Anda dapat  membayar 200.000 yen."

Diduga ia memberikan kartu tempat tinggalnya kepada tersangka lainnya, Vietnam Dan Quoc Nam (22) yang juga ikut ditangkap pihak kepolisian Jepang.

Do juga memberi Dan kartu identitas pelajar dan kartu uang tunai, tetapi kenyataannya 200.000 yen tidak dibayarkan, dan Dan menjual kartu itu kepada kelompok kriminal dan menggunakannya untuk penipuan khusus.

Polisi menyita 3 ponsel yang didaftarkan pakai namanya sebagai bukti pelanggaran penyalahgunaan Zairyu Card yang dilakukannya.

Berbagai kegiatan kejahatan warga asing di Jepang didiskusikan Pecinta Jepang lewat grupnya. Dapat berpartisipasi kirimkan email ke: info@tribun.in

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved