Breaking News:

Konflik Rusia Vs Ukraina

Konflik Rusia-Ukraina: Apa Itu Perjanjian Minsk?

Presiden Prancis Emmanuel Macron menunjuk Perjanjian Minsk 2015 antara Kiev dan Moskow sebagai cetak biru jalan keluar konflik Rusia-Ukraina.

AFP/ALAIN JOCARD
Tentara Inggris ikut serta dalam latihan besar sebagai bagian dari operasi NATO EFP di kamp tentara Tapa estonia dekat Rakvere, pada 6 Februari 2022. - Latihan "Kamp Musim Dingin" di timur laut Estonia, hanya 100 kilometer (62 mil) dari Perbatasan Rusia, termasuk sekitar 1.300 tentara Inggris, Estonia, dan Prancis yang beroperasi dalam kondisi ekstrem. (Photo by ALAIN JOCARD / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Prancis Emmanuel Macron menunjuk Perjanjian Minsk 2015 antara Kiev dan Moskow sebagai rencana jalan keluar konflik Rusia-Ukraina.

Mengutip Al Jazeera,  setelah mengadakan pertemuan dengan Rusia dan Ukraina, pada Selasa (8/2/2022), Macron mengatakan perjanjian Minsk II adalah "satu-satunya jalan membangun perdamaian".

Perjanjian tersebut dinamai berdasarkan Ibu Kota Belarusia, tempat kesepakatan itu diselesaikan.

Namun, perjanjian tersebut tidak pernah sepenuhnya dilaksanakan.

Baca juga: Krisis Ukraina: 6 Kapal Perang Rusia Menuju Laut Hitam untuk Latihan

Baca juga: Inggris Peringatkan Rusia Jangan Invasi Ukraina: Kami Sudah Siapkan Sanksi

Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara kepada wartawan di Royal Lounge Bandara Doha, pada Sabtu (4/12/2021), saat ia meninggalkan ibu kota Qatar sebagai bagian dari tur tiga negara Teluk.
Presiden Prancis Emmanuel Macron berbicara kepada wartawan di Royal Lounge Bandara Doha, pada Sabtu (4/12/2021), saat ia meninggalkan ibu kota Qatar sebagai bagian dari tur tiga negara Teluk. (AFP)

Perjanjian Minsk II datang setelah Minsk 1, upaya kesepakatan gencatan senjata yang gagal sebelumnya.

Dimediasi oleh Prancis dan Jerman, Al Jazeera melaporkan, Minsk II kembali berusaha untuk menghentikan konflik yang dimulai ketika separatis yang didukung Rusia merebut petak-petak wilayah setelah pencaplokan Semenanjung Krimea oleh Rusia pada 2014.

Hingga bertahun-tahun, belum ada penyelesaian politik penuh dan pertempuran mematikan antara Ukraina dan pemberontak terus berlanjut.

Melansir Al Jazeera, inilah yang perlu diketahui tentang perjanjian Minsk.

Baca juga: Joe Biden Pastikan Proyek Nord Stream 2 Gagal Jika Rusia Invasi Ukraina

Minsk I

Melansir Al Jazeera, Ukraina dan separatis yang didukung Rusia menyepakati 12 poin perjanjian gencatan senjata pada September 2014.

Halaman
1234
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved