Konflik Rusia Vs Ukraina

13 WNI di Utara Ukraina Belum Dapat Dievakuasi Karena Pertempuran Darat, 24 Memilih Tetap Tinggal

Terdapat 13 warga negara Indonesia di utara Ukraina yang belum dapat dievakuasi karena pertempuran darat masih terjadi di wilayah tersebut.

Editor: Johnson Simanjuntak
AFP/ARIS MESSINIS
Orang-orang berjalan melewati mayat seorang kerabat di luar gedung yang hancur setelah pemboman di kota Chuguiv, Ukraina timur pada 24 Februari 2022, ketika angkatan bersenjata Rusia mencoba menyerang Ukraina dari beberapa arah, menggunakan sistem roket dan helikopter untuk menyerang posisi Ukraina di selatan, kata dinas penjaga perbatasan. - Pasukan darat Rusia hari ini menyeberang ke Ukraina dari beberapa arah, kata dinas penjaga perbatasan Ukraina, beberapa jam setelah Presiden Vladimir Putin mengumumkan peluncuran serangan besar-besaran. Tank Rusia dan alat berat lainnya melintasi perbatasan di beberapa wilayah utara, serta dari semenanjung Krimea yang dicaplok Kremlin di selatan, kata badan tersebut. (Photo by Aris Messinis / AFP) 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Terdapat 13 warga negara Indonesia di utara Ukraina yang belum dapat dievakuasi karena pertempuran darat masih terjadi di wilayah tersebut.

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengatakan masih terdapat 4 WNI di Kharkiv dan 9 di Chernihiv, di sebelah utara Ukraina yang belum dapat dievakuasi.

“Pemerintah masih terus menunggu saat yang tepat untuk dapat mengevakuasi mereka,” kata Retno pada konferensi pers tentang Perkembangan Evakuasi WNI dari Ukraina, Selasa (1/3/2022).

Pemerintah memastikan para WNI tersebut akan terus dipantau pemerintah melalui KBRI Kiev dan KBRI Moskow dengan terus melakukan kontak.

Retno mengatakan berdasarkan informasi yang diterima pihaknya, para WNI tersebut dalam kondisi sehat dan memiliki pasokan logistik yang cukup.

Selain itu, terdapat 24 WNI yang memilih untuk tetap tinggal di Ukraina karena alasan keluarga.

“Mereka menikah dengan Warga Negara Ukraina,” kata Retno.

Sementara itu, 99 WNI dan 5 warga negara asing (WNA) yang merupakan keluarga dari WNI telah berhasil meninggalkan Ukraina.

Baca juga: Menlu RI: 99 WNI Berhasil Dibawa Keluar dari Ukraina

Retno mengatakan WNI dan WNA yang telah berhasil dievakuasi sudah berada di titik aman, yakni di Bucharest, Romania dan di Rzeszów, Polandia.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved