Konflik Rusia Vs Ukraina

Menlu RI: 99 WNI Berhasil Dibawa Keluar dari Ukraina

99 warga negara Indonesia (WNI) dan 5 warga negara asing (WNA) yang merupakan keluarga dari WNI telah berhasil meninggalkan Ukraina.

Editor: Johnson Simanjuntak
ROB LEE/ALEC LUHM via TWITTER
Tangkap layar video yang beredar di media sosial tampaknya menunjukkan tentara Rusia menjarah bank dan toko kelontong di Ukraina. 

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Sebanyak 99 warga negara Indonesia (WNI) dan 5 warga negara asing (WNA) yang merupakan keluarga dari WNI telah berhasil meninggalkan Ukraina.

Kabar ini disampaikan langsung Menteri Luar Negeri Indonesia (Menlu RI) Rerno Marsudi pada konferensi pers tentang Perkembangan Evakuasi WNI dari Ukraina, Selasa (1/3/2022).

Retno mengatakan WNI dan WNA yang telah dievakuasi sudah berada di titik aman, yakni di Bucharest, Romania dan di Rzeszow Polandia.

“Total yang telah berada di luar Ukraina adalah 99 WNI dan 5 WNA yang meurpakan keluarga dari WNI kita. 99 WNI sudah keluar dari Ukraina, termasuk 5 WNI yang melakukan evakuasi mandiri.

Saat ini mereka sudah berada di dua titik aman,” kata Menlu.

Sebanyak 25 WNI yang dievakuasi melalui Odessa sudah tiba di Bucharest pada 27 Februari pukul 16.30 waktu Bucharest.

Adapun 25 WNI yang dievakuasi semuanya perempuan, dan 1 anak berumur sekitar 12 tahun.

Baca juga: Militer Ukraina: Rusia Berencana Gunakan Pasukan Belarus  

Sedangkan 6 orang WNI dan 1 WNA, suami dari WNI pada tanggal 27 Februari, juga telah berhasil diseberangkan dan dievakuasi dari Lviv menuju Rzeszzow, Polandia.

Adapun 6 WNI terdiri dari 2 perempuan dewasa, 3 anak-anak dan 1 bayi.

Selanjutnya ada 4 WNI terdiri dari 2 pria, 2 anak, dan 2 WNA yang merupakan spose dari WNI yang juga telah dijemput tim KBRI Warasawa dari Lviv menuju Polandia dengan jarak tempuh 150 km.

Mereka sudah tiba di safehouse Polandia pada 28 Februari pukul 19.40 waktu setempat.

Rombongan terbesar, yaitu 59 WNI dan 1 WNA yang dievakuasi dari Kiev, dan telah berhasil diseberangkan ke wilayah Moldova dan saat ini dalam perjalanan menuju Romania.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved