Konflik Rusia Vs Ukraina

UNICEF: Lebih dari 6 Juta Warga Ukraina Berjuang Setiap Harinya untuk Memperoleh Air Minum

Di pemukiman yang diduduki sementara di oblast Donetsk dan Lugansk, penduduk sipil hampir tidak memiliki akses untuk memperoleh air minum.

Penulis: Fitri Wulandari
Editor: Dewi Agustina
AFP/ALEXANDER NEMENOV
Orang-orang berjalan di pusat Mariupol pada 12 April 2022, ketika pasukan Rusia mengintensifkan kampanye untuk merebut kota pelabuhan strategis itu, bagian dari serangan besar-besaran yang diantisipasi di Ukraina timur, sementara Presiden Rusia mengajukan kasus menantang untuk perang terhadap tetangga Rusia itu. (Photo by Alexander NEMENOV / AFP) 

Laporan Wartawan Tribunnews, Fitri Wulandari

TRIBUNNEWS.COM, KIEV - Lebih dari 4,6 juta orang di Ukraina memiliki akses terbatas untuk mendapatkan air, karena konflik yang intens terjadi di negara itu akibat invasi yang dilancarkan Rusia.

Dikutip dari laman Ukrinform, Selasa (19/4/2022), angkanya bahkan mencapai lebih dari 6 juta orang yang berjuang setiap harinya untuk bisa mengakses air minum.

Hal ini disampaikan Dana Anak-anak Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNICEF) di Ukraina dalam akun Twitter-nya.

"Lebih dari sebulan konflik intens di Ukraina menghancurkan jaringan air dan listrik, menyebabkan lebih dari 4,6 juta orang mengalami akses yang terbatas untuk mendapatkan air. Secara total, lebih dari 6 juta orang di Ukraina berjuang setiap harinya untuk memperoleh air minum, salah satu kebutuhan yang paling penting bagi manusia," cuit UNICEF.

Pada sebagian besar pemukiman yang diduduki sementara di oblast Donetsk dan Lugansk, penduduk sipil hampir tidak memiliki akses untuk memperoleh air minum dan kran.

Sedangkan khusus di wilayah Donetsk saja, sekitar 200.000 orang tidak memiliki akses untuk mendapatkan air.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved