Konflik Rusia Vs Ukraina

Ukraina Akui Jet Tempur Petarung Heroik Berjuluk Ghost of Kyiv Sebenarnya Tak Ada

Pahlawan yang terkenal itu telah menembak jatuh sebanyak 40 pesawat Rusia sampai dia ditembak jatuh pada 13 Maret

Editor: Eko Sutriyanto
SERAMBINEWS/twitter/@yirmiucderece
Pilot pesawat tempur misterius Ukraina dipuji sebagai "Hantu Kyiv" setelah dilaporkan menembak jatuh puluhan pesawat Rusia tewas dalam pertempuran 

TRIBUNNEWS.COM, UKRAINA  - Ukraina mengakui Hantu Kyiv adalah cerita yang lahir di tengah perang Rusia-Ukraina, namun kebenarannya tidak dapat diverifikasi.

Pemerintah Ukraina “Hantu Kyiv” adalah mitos, dan diakui oleh pejabat Ukraina.

Sebelumnya beberapa saluran berita minggu lalu mengidentifikasi pilot pejuang pahlawan legendaris, misterius, sebagai ayah berusia 29 tahun yang baru saja terbunuh dan diklaim sebagai "Hantu Kyiv".

"Hantu Kyiv adalah legenda pahlawan super, yang karakternya diciptakan oleh orang Ukraina!" tulis Komando Angkatan Udara Ukraina di laman Facebook.

Pahlawan yang terkenal itu telah menembak jatuh sebanyak 40 pesawat Rusia sampai dia ditembak jatuh pada 13 Maret ketika memerangi sejumlah besar pasukan musuh, seperti dilansir Times of London.

Baca juga: Dulu Co-Pilot Pesawat Angkut Taktis, Kini Penerbang Wanita TNI AL Ini Sandang Pangkat Bintang Satu 

The Times mengidentifikasi pahlawan perang Ukraina tersebut diduga sebagai Mayor Stepan Tarabalka.

Sementara itu Tarabalka adalah pahlawan perang terkemuka, dia bukan "Hantu" - karena tidak pernah ada orang seperti itu, kata pemerintah Ukraina.

"Pahlawan Ukraina Stepan Tarabalka bukan 'Hantu Kyiv' dan dia tidak menembak jatuh 40 pesawat," kata Komando Angkatan Udara negara itu.

Sebaliknya, moniker itu secara kolektif dimiliki oleh semua pilot pesawat tempur pahlawan Ukraina, kata pejabat militer.

Iklan untuk Anda: Ular boa Menyerang seekor jaguarundi! Hal Terjadi Selanjutnya Mengejutkan Semua
Advertisement by

Pemerintah Ukraina sebelumnya telah menjadi kunci dalam menciptakan dan mengabadikan mitos seorang pilot pesawat tempur yang berani dan terutama tepat sasaran.

“Orang-orang memanggilnya Hantu Kyiv.  Dan memang benar begitu,” tulis pemerintah di bulan Februari tentang sosok misterius yang terkenal itu, dengan mengatakan bahwa pilot itu “sudah menjadi mimpi buruk karena menyerang pesawat Rusia.”

Media sebelumnya telah mengidentifikasi Stepan Tarabalka sebagai "Hantu Kyiv" tetapi Ukraina mengatakan bukan itu masalahnya.

“Ghost of Kyiv” dikatakan telah menembak jatuh 40 pesawat Rusia.

Tetapi banyak orang mempertanyakan apakah "Hantu" itu nyata, karena video yang mengaku sebagai bukti pejuang ternyata berasal dari video game.

Beberapa orang mencatat bahwa pahlawan rakyat yang dilaporkan dan MiG-29 Fulcrum-nya tidak akan memiliki kapasitas amunisi untuk melakukan serangan yang dikreditkan kepadanya.

Namun, banyak orang ingin merayakan pilot yang mengaku misterius itu.

“Benar atau tidak, ini persis jenis kisah inspiratif yang dibutuhkan perlawanan saat ini,” kata seorang pengguna di Twitter. (Ansari Hasyim) 

Artikel ini telah tayang di SerambiNews.com dengan judul Ukraina Akui Jet Tempur yang Diklaim Sebagai Petarung Heroik 'Ghost of Kyiv' Sebenarnya tak Ada

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved