Mantan PM Jepang Shinzo Abe Ditembak

Jepang Umumkan Total Biaya Pemakaman Kenegaraan Mantan PM Shinzo Abe Capai 1,65 Miliar Yen

Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa total biaya pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe diperkirakan 1,65 miliar yen.

Editor: Dewi Agustina
Richard Susilo
Foto mantan PM Jepang Shinzo Abe. Pemerintah Jepang mengumumkan bahwa total biaya pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe diperkirakan 1,65 miliar yen. 

Laporan Koresponden Tribunnews.com, Richard Susilo dari Jepang

TRIBUNNEWS.COM, TOKYO - Pemerintah Jepang mengumumkan kepada Diet (parlemen) bahwa total biaya pemakaman kenegaraan untuk mantan Perdana Menteri Shinzo Abe diperkirakan sedikitnya 1,65 miliar yen. Biaya ini termasuk juga biaya keamanan.

"Mengenai pemakaman kenegaraan mantan Perdana Menteri Shinzo Abe, yang akan diadakan pada tanggal 27 September 2022, pemerintah memutuskan pada rapat kabinet pada bulan Agustus untuk menghabiskan 249,4 juta yen untuk biaya pembangunan tempat. Sedangkan biaya keamanan akan diumumkan setelah pemakaman kenegaraan mendatang," papar sumber Tribunnews.com, Selasa (6/9/2022).

Di sisi lain, Perdana Menteri Fumio Kishida berencana untuk menjelaskan pemakaman kenegaraan selama pemeriksaan intersessional Diet, tetapi partai-partai oposisi menuntut agar jumlah total, termasuk biaya keamanan ditunjukkan sebelum itu.

Dengan latar belakang tersebut, hari ini Selasa (6/9/2022), pemerintah menyampaikan skala keseluruhan dari pemakaman kenegaraan kepada direktur utama Komite Kepengurusan Anggota Parlemen Jepang.

Baca juga: 51 % Menentang Upacara Pemakaman Kenegaraan Almarhum Shinzo Abe, Penyelenggara Kini Jadi Sorotan

Menurut pejabat, biaya keamanan sekitar 800 juta yen, biaya perhotelan untuk pejabat asing sekitar 600 juta yen, dan biaya sewa mobil untuk penjaga kehormatan pasukan bela diri Jepang sekitar 10 juta yen.

Dengan demikian total keseluruhan biaya pemakaman kenegaraan mantan PM Jepang Shinzo Abe sekitar 1,65 miliar yen.

Sementara itu 51 persen masyarakat menentang upacara tersebut sesuai hasil survei dilakukan JNN baru-baru ini.

Sementara itu beasiswa (ke Jepang), belajar gratis di sekolah bahasa Jepang di Jepang, serta upaya belajar bahasa Jepang yang lebih efektif.

Info lengkap silakan email: info@sekolah.biz dengan subject: Belajar bahasa Jepang.

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved