Ratu Elizabeth II Meninggal

Lebih dari 100 Bioskop di Inggris Bakal Tayangkan Prosesi Pemakaman Ratu Elizabeth II 

Pemakaman kenegaraan Ratu ELizabeth II, yang digelar pada Senin (19/9/2022) besok, akan ditayangkan oleh 125 bioskop di seluruh Inggris.

YUI MOK / POOL / AFP
Masyarakat memberikan penghormatan kepada Ratu Elizabeth II di dalam Westminster Hall, di Istana Westminster di London pada 16 September 2022. Pemakaman kenegaraan Ratu ELizabeth II, yang digelar pada Senin (19/9/2022) besok, akan ditayangkan oleh 125 bioskop di seluruh Inggris. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Nur Febriana Trinugraheni
 
TRIBUNNEWS.COM, LONDON - Pemakaman kenegaraan Ratu ELizabeth II, yang digelar pada Senin (19/9/2022) besok, akan ditayangkan oleh 125 bioskop di seluruh Inggris.

Sementara itu, di taman, alun-alun dan Katedral juga akan memasang layar untuk menayangkan prosesi pemakaman Ratu Inggris yang telah memerintah selama 70 tahun ini, seperti yang diumumkan pemerintah Inggris pada Sabtu (17/9/2022).

Dikutip dari Reuters, Departemen Kebudayaan Inggris mengatakan pemakaman di Westminster Abbey dan prosesi terkait di London juga akan ditayangkan langsung di stasiun televisi BBC, ITV, dan SKY.

Baca juga: Pangeran Harry Kenakan Seragam Militer saat Menjaga Peti Ratu Elizabeth II

Presiden, perdana menteri, dan keluarga kerajaan dari seluruh dunia, diharapkan menghadiri pemakaman Ratu Elizabeth II, yang meninggal pada 8 September lalu di usia 96 tahun.

Pemerintah Inggris telah mendeklarasikan hari libur umum pada Senin besok, yang diperkirakan dapat memicu kehadiran audiensi yang lebih besar dibandingkan acara-acara besar lainnya dalam sejarah Inggris, seperti pemakaman Putri Diana pada tahun 1997, Olimpiade London 2012 dan pernikahan kerajaan.

Asosiasi Sinema Inggris pada Kamis (15/9/2022), mengungkapkan sudah mempertimbangkan kapasitas penonton dalam penayangan pemakaman Ratu Elizabeth II yang diputar di bioskop secara gratis.

Ratusan ribu orang telah mengantre selama berjam-jam pekan ini untuk memberi penghormatan di peti mati Ratu Elizabeth II, yang disemayamkan di Westminster Hall hingga Senin pagi.

Menjelang pemakaman kenegaraan di Westminster Abbey, para pemimpin dunia juga mulai berdatangan di ibu kota Inggris, London.

Baca juga: Ratu Elizabeth II akan Dimakamkan di Kapel Raja Georger VI di Kastil Windsor

Perdana Menteri Kanada Justin Trudeau dan Perdana Menteri Australia Anthony Albanese termasuk di antara pejabat yang memberikan penghormatan pada hari Sabtu kemarin.

Sementara Perdana Menteri Selandia Baru Jacinda Ardern terlihat membukuk ke peti mati Ratu Elizabeth II pada hari Jumat (16/9/2022).

Presiden Amerika Serikat (AS) Joe Biden diperkirakan akan terbang ke Inggris pada Minggu (18/9/2022).

Ratu Elizabeth II akan Dimakamkan di Kapel Raja Georger VI di Kastil Windsor

Ratu Elizabeth II meninggal dunia di Skotlandia pada 8 September 2022.

Ratu Elizabeth II menghembuskan nafas terakhirnya di usia 96 tahun, setelah memimpin Kerajaan Inggris selama 70 tahun.

Baca juga: Mengenal Westminster Abbey, Lokasi Upacara Pemakaman Ratu Elizabeth II dan Sejarahnya

Halaman
12
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved