Konflik Rusia Vs Ukraina

Perang Memanas, Putin Umumkan Mobilisasi Militer Rusia

Perkuat pertahanan Rusia, Vladimir Putin pada Rabu (21/9/2022) mengumumkan mobilisasi militer parsial dari 2 juta pasukan cadangan militernya.

DW.com
Presiden Rusia Vladimir Putin hadir dalam St Petersburg International Economic Forum (SPIEF) pada Jumat (17/6/2022). - Putin mengumumkan akan melakukan mobilisasi militer. 

TRIBUNNEWS.COM - Presiden Rusia Vladimir Putin pada Rabu (21/9/2022) telah mengumumkan mobilisasi militer parsial.

Pengumuman datang saat pasukan Rusia memerangi serangan balasan Ukraina yang telah merebut kembali beberapa wilayah pendudukan.

Dalam pidato yang disiarkan televisi ke negara itu, Putin mengatakan mobilisasi parsial dari 2 juta pasukan cadangan militernya adalah untuk mempertahankan Rusia dan wilayahnya.

Putin mengklaim Barat ingin menghancurkan Rusia dan tidak menginginkan perdamaian di Ukraina.

"Jika integritas teritorial negara kami terancam, kami menggunakan semua cara yang tersedia untuk melindungi rakyat kami, ini bukan gertakan," kata Putin, seperti dilansir CNA.

Putin mengatakan tujuannya adalah untuk membebaskan wilayah Donbas di Ukraina timur.

Baca juga: NATO Anggap Referendum Bagian Ukraina Untuk Bergabung Dengan Rusia Sebagai Dagelan Vladimir Putin

Dia juga mengatakan bahwa kebanyakan orang di wilayah yang berada di bawah kendali Rusia tidak ingin diperintah oleh Kyiv.

Rusia akan menggunakan semua sumber daya yang dimilikinya untuk membela rakyatnya, kata Putin.

Dia menambahkan bahwa dia akan memberikan status hukum kepada "sukarelawan" yang bertempur di Donbas dan memerintahkan peningkatan dana untuk meningkatkan produksi senjata negara itu.

Pejuang tentara Ukraina duduk di atas kendaraan bersenjata di kharkiv pada 9 September 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Juan BARRETO / AFP)
Pejuang tentara Ukraina duduk di atas kendaraan bersenjata di kharkiv pada 9 September 2022, di tengah invasi Rusia ke Ukraina. (Photo by Juan BARRETO / AFP) (AFP/JUAN BARRETO)

Sebagai informasi, mobilisasi adalah tindakan pengerahan dan penggunaan secara serentak sumber daya nasional serta sarana dan prasarana nasional yang telah dibina dan dipersiapkan sebagai komponen kekuatan pertahanan keamanan negara untuk digunakan secara tepat bagi penanggulangan setiap ancaman, baik dari luar maupun dari dalam negeri.

Halaman
12
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved