Ogah Pakai Jilbab, Wartawan CNN Batalkan Wawancara dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi

Wawancara dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di New York pada Kamis (22/9) dibatalkan setelah jurnalis CNN Christiane Amanpour menolak berjilbab.

AFP via SCMP
Sebuah wawancara dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi di New York pada Kamis (22/9/2022) dibatalkan setelah jurnalis CNN Christiane Amanpour menolak mengenakan jilbab. 

TRIBUNNEWS.COM - Christiane Amanpour, wartawan koresponden CNN, mengatakan wawancara dengan Presiden Iran Ebrahim Raisi dibatalkan setelah ia menolak mengenakan jilbab.

Amanpour mengaku dijadwalkan bertemu dengan Presiden Raisi di sela-sela sidang umum Majelis Umum PBB.

Ia pun telah merencanakan berbagai pertanyaan, salah satunya mengenai kasus Mahsa Amini yang memicu protes besar di Iran.

"Ini akan menjadi wawancara pertama Presiden Raisi di tanah AS, selama kunjungannya ke NY untuk UNGA. Setelah berminggu-minggu perencanaan dan delapan jam menyiapkan peralatan penerjemahan, lampu, dan kamera, kami siap. Tapi tidak ada tanda-tanda Presiden Raisi," cuit Amanpour, Kamis (22/9/2022).

Empat puluh menit setelah wawancara dijadwalkan akan dimulai, seorang ajudan mendekati Amanpour.

Ajudan itu mengatakan bahwa Presiden Raisi menyarankannya untuk menutupi rambut atau berjilbab.

Baca juga: Sosok Mahsa Amini, Kematiannya Picu Kerusuhan di Iran, Tewas Disiksa Aparat Karena Lepas Jilbab

Namun Amanpour menolak permintaan itu, dengan pertimbangan bahwa wawancara tersebut berada di tempat yang tidak mewajibkan wanita berjilbab.

Selain itu, menurut pengalamannya belum ada presiden Iran yang meminta hal tersebut kepadanya.

"Saya menolak dengan sopan. Kami berada di New York, di mana tidak ada hukum atau tradisi mengenai jilbab," cuit Amanpour di Twitter, dilansir Guardian

"Saya menunjukkan bahwa tidak ada presiden Iran sebelumnya yang mengharuskan ini (jilbab) ketika saya mewawancarai mereka di luar Iran," katanya.

Halaman
123
Sumber: TribunSolo.com
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved