Menteri Luar Negeri Retno Marsudi Upayakan Pemulangan WNI Korban Penembakan di Texas AS

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucapkan dukacita atas meninggalnya WNI bernama Novita Kurnia Putri terbunuh dalam aksi penembakan.

Penulis: Taufik Ismail
Editor: Wahyu Aji
Tribunnews.com/Taufik Ismail
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucapkan dukacita atas meninggalnya WNI bernama Novita Kurnia Putri terbunuh dalam aksi penembakan di Bexar County, Texas, Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu. 

Laporan Wartawan Tribunnews, Taufik Ismail

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA - Menteri Luar Negeri Retno Marsudi mengucapkan dukacita atas meninggalnya WNI bernama Novita Kurnia Putri terbunuh dalam aksi penembakan di Bexar County, Texas, Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu.

Pihaknya kata Menlu sudah melakukan komunikasi dengan otoritas setempat dan juga keluarga korban terkait kasus tersebut.

“Saya ingin sekali lagi mengucapkan duka cita kepada keluarga atas meninggalnya Ibu Novita. Dari sejak kejadian tanggal 4 Oktober konsulat kita di Houston sudah langsung melakukan komunikasi baik dengan otoritas setempat, dalam hal ini dengan pihak polisi, dengan secretary of state, dan juga dengan Kementerian Luar Negeri yang berada di wilayah Texas dan juga melakukan komunikasi dengan pihak keluarga,” kata Menlu, usai sidang paripurna kabinet di Istana, Jakarta, Selasa, (11/10/2022).

Menlu mengatakan pihaknya melalui KJRI Houston saat ini terus berupaya untuk membantu proses penanganan jenazah termasuk pemulangannya ke Indonesia.

“Nah, KJRI houston juga terus melakukan upaya untuk membantu proses dari jenazah itu dan juga proses pemulangan jenazah ke Indonesia. Komunikasi terus kita jalin antara Houston dan Jakarta, terutama dengan direktur perlindungan negara Indonesia dan sekarang proses yang kita lakukan adalah untuk pemulangan,” katanya.

Menlu mengatakan investigasi terkait kasus tersebut dilakukan otoritas setempat. Ia berharap penegakan hukum dilakukan dengan seadil-adilnya.

“Polisi disana yang akan melakukan investigasi. Tentunya yang kita harapkan adalah ya seadil-adilnya, prinsip keadilan harus menjadi sprit dari investigas yang dilakukan,” pungkasnya.

Seperti diketahui, WNI bernama Novita Kurnia Putri terbunuh dalam aksi penembakan di Bexar County, Texas, Amerika Serikat (AS) pada pekan lalu.

Data ini diperoleh dari Kantor Pemeriksa Medis Bexar.

Dikutip dari laman San Antonio Express News, Senin (10/10/2022), Putri sedang mengerjakan tugasnya di depan komputer pada Selasa lalu, sekitar pukul 12.40 waktu setempat.

Saat itu, dua anak laki-laki berusia 14 dan 15 tahun, diduga mengemudikan mobil ke arah rumahnya menggunakan kendaraan curian dan menembakkan lebih dari 100 peluru berbagai kaliber.

Baca juga: VIDEO Firasat Ibunda Novita, WNI yang Tewas Diberondong Tembakan di Texas: Tidak Seperti Biasanya

Sheriff Bexar County Javier Salazer mengatakan dalam konferensi pers Selasa pagi bahwa Putri adalah korban salah sasaran yang tewas dengan luka tembak di kepala.

Dalam momen naas tersebut, perempuan itu diketahui tengah menjamu tamu Airbnb di rumahnya, di blok 14000 Bald Mountain Drive, yang juga terluka dalam aksi penembakan.

  • KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved