Tips Cegah Stunting

Apa Itu Nutrisi Mikro dan Makro Serta Fungsinya Untuk Ibu Hamil?

Dari berbagai asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil untuk cara cegah stunting, nutrisi ibu hamil dikategorikan ke dalam dua kelompok besar.

Apa Itu Nutrisi Mikro dan Makro Serta Fungsinya Untuk Ibu Hamil?
Shutterstock
Cara cegah stunting pada janin dengan mengkonsumsi nutrisi ibu hamil yang tepat. 

TRIBUNNEWS.COM – Dari berbagai asupan gizi yang dibutuhkan oleh ibu hamil, zat-zat tersebut dikategorikan ke dalam dua kelompok besar, yaitu nutrisi mikro (mikronutrien) dan makro  (makronutrien). Meski berbeda, keduanya sama-sama penting loh!

Kalau Bunda masih bingung apa itu nutrisi mikro dan makro, berikut penjelasannya.

Nutrisi mikro

Nutrisi mikro berfungsi untuk menjaga daya tahan tubuh dari penyakit. Perannya sungguh penting tetapi hanya dibutuhkan sedikit. Selama pra dan pasca kehamilan, nutrisi mikro Anda butuhkan guna menyokong pertumbuhan janin dan bayi agar tidak mengalami stunting.

Jenis-jenis nutrisi mikro seperti:

  • Vitamin

Meski masih berada dalam kandungan, bukan berarti Anda tidak memberikan Si Kecil asupan vitamin lewat konsumsi makanan. Vitamin sendiri terbagi menjadi 2, vitamin larut lemak dan tidak larut lemak.

Vitamin larut lemak adalah vitamin A, D, E, dan K. Sedangkan tidak larut lemak seperti vitamin B1. B2, B3, B6. dan B12. Vitamin D memiliki peran yang cukup vital karena dapat membentuk tulang Si Kecil agar kuat dan tidak mengalami kelainan.

  • Mineral

Sama halnya dengan vitamin, ada ragam jenis mineral yang dibutuhkan janin Anda. Mulai dari kasium, fosfor, zat besi, dan masih banyak lagi. Kalsium sendiri perlu untuk pertumbuhan otot, jantung, saraf, darah, dan sistem enzim janin.

Mineral lain tak kalah pentingnya. Sebut saja seng, yang berperan penting untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh janin.

Nutrisi makro

Halaman
123
Editor: Content Writer
Ikuti kami di

BERITA REKOMENDASI

KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved